Home | Jurnal Medan | Stok Blanko E KTP Masih Kosong

Stok Blanko E KTP Masih Kosong

By
Font size: Decrease font Enlarge font
Stok blanko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) hingga kini masih kosong di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan. Padahal kekosongan tersebut sudah berlangsung lebih dari enam bulan, namun tak juga kunjung didistribusikan pemerintah pusat ke daerah.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kota Medan), Ok Zulfi mengatakan, sesuai dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri Bidang Direktorat Jenderal Pendidikan dan Catatan Sipil, dijadwalkan blanko akan didistribusikan pada Januari 2017, tapi terjadi keterlambatan dan belum juga tiba hingga Februari ini.
Keterlambatan pendistribusi blanko itu sendiri belum ada informasi lanjutan untuk kepastian pengiriman. Begitupun, hingga saat ini bagi masyarakat yang akan memperpanjang ataupun memperbaharui e-KTP untuk sementara diberikan surat keterangan resi, yang dapat digunakan untuk urusan apa saja dan berkaitan dengan administrasi kependudukkan.
Zulfi juga mengungkapkan, apabila blanko e-KTP tersebut sudah tersedia, maka pihaknya akan segera dihubungi untuk melakukan penjemputan blanko e-KTP tersebut.
Kekosongan blanko e-KTP sendiri tidak hanya terjadi di Kota Medan, namun juga di beberapa kabupaten/kota lainnya di Sumatera Utara dan hampir di seluruh Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) se-Indonesia.
Penyebab kekosongan blanko e-KTP ini, tak lain karena proses lelang proyek pengadaan barang di Kementerian Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kemendukcapil) RI gagal, karena belum memenuhi syarat administratif dan uji teknis blanko e-KTP. Ilham

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in