Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/radiosma/medan/lib/vivvo/framework/full_page_cache.functions.php on line 133

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/radiosma/medan/lib/vivvo/vivvo_lite_site.php on line 115

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/radiosma/medan/lib/vivvo/vivvo_lite_site.php on line 328
Radio Smart FM - Rintangan dalam Pendelegasian Tugas
Home | Program | Smart Managing Radiotalk | Rintangan dalam Pendelegasian Tugas

Rintangan dalam Pendelegasian Tugas

By
Font size: Decrease font Enlarge font

       Mendelegasikan tugas kepada anggota atau bawahan merupakan kegiatan kita sehari-hari. Sudah pasti banyak manfaat yang dapat dinikmati oleh semua pihak, baik yang mendelegasikan tugas, maupun yang menerima pendelegasian tugas. Walaupun banyak orang menyadari hal ini, namun mereka tidak berhasil dalam pelaksanaannya. Berikut ini adalah beberapa rintangan yang perlu kita perhatikan: 

  1. Orang cenderung memilih ‘operating’ daripada ‘managing’. Ini berarti mereka lebih suka “hands on”, mengerjakan tugas dengan tangan sendiri daripada mengelola atau mengorganisir timnya.
  2. Orang beranggapan bahwa mereka bisa bekerja lebih cepat daripada membuang waktu untuk menjelaskan pekerjaan yang akan didelegasikan kepada orang lain. Ini adalah pemikiran yang keliru.
  3. Perfectionism – Orang yang menginginkan semuanya perfect atau sempurna sulit sekali mendelegasikan tugas kepada orang lain karena melakukan pengontrolan yang berlebihan, sehingga sulit memberikan kesempatan kepada orang lain untuk belajar.
  4. Tidak mendelegasikan wewenang yang sesuai dengan tanggung jawab. Tidak ada pendelegasian tugas tanpa wewenang. Jika wewenang yang diberikan tidak sesuai dengan tanggung jawab, pelaksanaan tugas tidak akan berjalan lancar.
  5. Ketidakmampuan untuk menjelaskan tugas yang akan didelegasikan. Rintangan ini merupakan masalah komunikasi. Gagal dalam hal ini akan menimbulkan kesalahan dalam pelaksanaan tugas.
  6. Tidak percaya terhadap bawahan. Rintangan ini menimbulkan keraguan sehingga semua pihak kehilangan percaya diri. Hasil pendelegasian tugas sudah pasti tidak sesuai dengan harapan.
  7. Takut tidak disukai. Ini merupakan rintangan umum. Orang takut tidak disukai karena terlalu banyak mendelegasikan tugas kepada orang lain. Hal ini terjadi karena atasan tidak menjelaskan tujuan dan manfaat pendelegasian tersebut kepada bawahannya sehingga terjadi kesalahpahaman. 

       Agar dapat mendelegasikan tugas dengan baik, kita perlu mengetahui perbedaan antara Instruksi Kerja, Pendelegasian Tugas serta Pemberdayaan atau Empowerment.

       Saya akan menjelaskan langkah-langkah penting dalam pendelegasian tugas yang praktis di kesempatan yang lain. Selamat mendelegasikan tugas!

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in