Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/radiosma/medan/lib/vivvo/framework/full_page_cache.functions.php on line 133

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/radiosma/medan/lib/vivvo/vivvo_lite_site.php on line 115

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/radiosma/medan/lib/vivvo/vivvo_lite_site.php on line 328
Radio Smart FM - How To Implement Your Marketing Plan
Home | Program | Smart and Practical Marketing Radiotalk | How To Implement Your Marketing Plan

How To Implement Your Marketing Plan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Rencana pemasaran yang hebat tanpa semangat dan tindakan untuk melaksanakannya adalah sia-sia. Untuk sukses dalam mencapai rencana pemasaran yang telah ditetapkan, dibutuhkan tindakan yang serius dan konsisten.

 

Hal-hal  yang butuh diperhatikan untuk sukses dalam implementasi rencana pemasaran perusahaan, adalah :

  1. Sosialisasi rencana pemasaran secara berkala

Rencana pemasaran yang telah dirumuskan perlu tindakan sosialisasi agar seluruh tim mengetahui rencana pemasaran yang telah ditetapkan, sosialisasi dilakukan pada awal tahun dan tercatat dalam notulen rapat.

  1. Target dan tanggungjawab individu maupun tim tercatat dengan jelas dalam agenda kerja masing-masing, sehingga dapat dijadikan sebagai alat pengawasan terhadap pencapaian, baik mingguan, bulanan, semester maupun tahunan.
  2. Direktur, Manajer Umum Marketing, Manajer dan supervisor Marketing bertanggungjawab terhadap  rencana marketing yang telah ditetapkan, pengawasan dilakukan melalui review terhadap hasil yang telah dicapai.
  3. Bimbingan dan pelatihan secara berkala untuk tim marketing perusahaan agar kemampuan dan pengetahuan semakin baik dan mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik.
  4. Pimpinan harus melakukan peninjauan lapangan secara berkala untuk mengetahui situasi lapangan atau pasar, agar dapat mengetahui efisiensi dan efektivitas implementasi rencana pemasaran perusahaan.
  5. Selain fokus kepada hasil pencapaian, penanggungjawab marketing perlu memperhatikan proses implementasi rencana pemasaran yang ditetapkan, karena proses sangat berpengaruh terhadap hasil yang ingin dicapai, tanpa proses yang baik dan benar, maka sulit untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  6. Lakukan rapat evaluasi setiap bulan sekali dan melibatkan seluruh tim marketing perusahaan, untuk melihat hasil pencapaian rencana pemasaran dan saran-saran yang dibutuhkan dalam implementasi.
  7. Penghargaan untuk personil yang mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik dan hukuman untuk personil yang lalai dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.

 

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas, maka kemungkinan keberhasilan implementasi pemasaran perusahaan akan semakin tinggi.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in