Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/radiosma/medan/lib/vivvo/framework/full_page_cache.functions.php on line 133

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/radiosma/medan/lib/vivvo/vivvo_lite_site.php on line 115

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/radiosma/medan/lib/vivvo/vivvo_lite_site.php on line 328
Radio Smart FM - Dari Perusahaan Lokal Menjadi Nasional & Internasional
Home | Program | Smart and Practical Marketing Radiotalk | Dari Perusahaan Lokal Menjadi Nasional & Internasional

Dari Perusahaan Lokal Menjadi Nasional & Internasional

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Untuk menjadi perusahaan berskala nasional dan Internasional perlu kuat dan berhasil menjadi juara lokal terlebih dahulu. Setelah menjadi juara lokal, perusahaan biasanya lebih siap untuk menjadi pemain tingkat nasional dan Internasional. Namun untuk menjadi perusahaan berskala nasional dan internasional membutuhkan persiapan yang lebih baik lagi, terutama untuk strategy marketing karena situasi persaingan untuk setiap daerah bisa berbeda, perusahaan juga membutuhkan sistem yang lebih baik, agar  mampu mengawasi seluruh proses operasional dengan baik, serta membutuhkan sumber daya manusia yang lebih banyak dan berkualitas untuk pengembangan organisasi dan perusahaan.

 

PT. SidoMuncul merupakan contoh perusahaan luar biasa yang berhasil melakukan transformasi dari perusahaan lokal menjadi perusahaan berskala nasional dan internasional, PT. SidoMuncul bermula dari sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940, didirikan dan dikelola oleh Ibu Rahkmat Sulistio di Yogyakarta, pada saat itu hanya dibantu oleh tiga orang karyawan saja. Tingginya permintaan kemasan jamu yang lebih praktis, telah mendorong  perusahaan melakukan produksi jamu dalam bentuk serbuk, pada tahun 1951 didirikan perusahan sederhana dengan nama SidoMuncul yang berarti "Impian yang terwujud" dengan lokasi di Jl. Mlaten Trenggulun. Dengan produk pertama dan andalan, Jamu Tolak Angin, produk jamu buatan Ibu Rakhmat mulai mendapat tempat di hati masyarakat sekitar dan permintaannyapun selalu meningkat, dan di tahun 1984 pabrik dipindahkan ke Lingkungan Industri Kecil di Jl. Kaligawe,Semarang.


Untuk mengantisipasi kemajuan dimasa datang,
perusahaan membangun unit pabrik yang lebih besar dan Pabrik baru yang berlokasi di Klepu, Kec. Bergas, Ungaran, dengan luas 29 ha pada tahun 2000. Saat peresmian pabrik, SidoMuncul sekaligus menerima dua sertifikat yaitu Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT. SidoMuncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi.


PT. SidoMuncul bertekad untuk mengembangkan usaha di bidang jamu yang benar dan baik. Tekad ini membuat perusahaan menjadi lebih berkonsentrasi dan inovatif. Disamping itu diikuti dengan pemilihan serta penggunaan bahan baku yang benar, baik mengenai jenis, jumlah maupun kualitasnya akan menghasilkan jamu yang baik.

 

Dengan peningkatan standarisasi dan sistem produksi,  inovasi secara berkesinambungan dan strategy marketing yang tepat, saat ini PT. Sido Muncul memiliki produk-produk unggulan yang sudah didistribusikan ke seluruh Indonesia dan luar negeri antara lain : Kukubima, Tolak Angin, Vitamin C-1000.


Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh PT. SidoMuncul untuk melakukan transformasi dari perusahaan lokal menjadi nasional dan International adalah :

 

  1. PT. SidoMuncul melakukan scan perubahan lingkungan dengan baik dan menyadari bahwa masyarakat Indonesia membutuhkan obat-obatan dan suplemen tradisional.
  2. PT. SidoMuncul juga mampu melihat dan mengantisipasi perkembangan pasar dengan melakukan perluasan kapasitas produksi untuk mengantisipasi permintaan produk yang semakin meningkat.
  3. PT. SidoMuncul selalu inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri.
  4. PT. SidoMuncul selalu melakukan kegiatan aktivasi komunikasi produknya kepada masyarakat Indonesia dengan konsisten dan selalu menggali keunikan-keunikan,  potensi budaya serta keindahan alam Indonesia untuk kegiatan promosi produk perusahaan.
  5. PT. SidoMuncul memiliki sistem yang kuat untuk dapat mengintegrasikan seluruh kegiatan perusahaan dengan baik dan tepat.
  6. PT. Sidomuncul memiliki SDM yang berkualitas untuk menghasilkan produk,  strategy marketing yang berkualitas dan terbukti dengan banyaknya penghargaan yang diterima oleh perusahaan, seperti : Best Encouragement Product 2003, Solo Customer Satisfaction Index 2003, Best Brand 2003, Kehati Award 2001 dan masih banyak lagi penghargaan yang diterima oleh perusahaan.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

2.33

Log in