Home | Jurnal Medan | Walau Tertinggal, Pergerakan Aset Dana Pensiun di Indonesia Terus Tumbuh

Walau Tertinggal, Pergerakan Aset Dana Pensiun di Indonesia Terus Tumbuh

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kinerja industri keuangan non bank (IKNB) dan pensiun diklaim terus mengalami peningkatan, walau pergerakannya masih tetap tertinggal dibanding sektor lainnya seperti seperti perusahaan asuransi dan perusahaan pembiayaan. 

Pelaksana Tugas Direktur Pengaturan, Penelitian dan Pengembangan IKNB OJK, Togar Sinaga mengungkapkan, dalam periode 2010 hingga 2016, aset Dana Pensiun terus mengalami peningkatan. Secara umum, nilai aset Dana Pensiun bertambah dari Rp130,34 triliun pada 2010 menjadi Rp238,30 pada 2016. Dimana rata-rata, pertumbuhan aset sepanjang rentang waktu tersebut sebesar 22,26% per tahun. 

Nilai aset dana pensiun yang cukup signifikan tersebut memiliki arti penting, sebab merupakan salah satu institusional investor di industri jasa keuangan yang menjadi sumber pembiayaan jangka panjang berperan strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, antara lain dalam memberi dukungan dana dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Begitupun, jika dibanding dengan besaran aset perusahaan asuransi dan perusahaan pembiayaan, maka aset Dana Pensiun bisa dikatakan cukup rendah. Nilai aset perusahaan asuransi sendiri pada tahun lalu mencapai angka Rp687,84 triliun, sementara perusahaan pembiayaan membukukan aset sebesar Rp510,31 triliun. RW

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in