Home | Jurnal Medan | Dalam Sebulan, Sumut Diguncang 185 Kali Gempa

Dalam Sebulan, Sumut Diguncang 185 Kali Gempa

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Sumatera Utara sudah diguncang lebih dari 185 kali gempa susulan sejak 16 Januari 2017 lalu. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa terjadi akibat adanya pergeseran patahan bumi.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan menjelaskan, gempa yang sering terjadi dengan titik gempa di Deli Serdang disebabkan oleh kondisi sesar lokal yang aktif kembali. Bahwa di titik lokasi gempa susulan yang terjadi tersebut memiliki banyak sesar dan kedalaman yang dangkal.

Adapun sejak gempa pertama pada 16 Januari 2017 lalu, rata-rata gempa yang terjadi di Sumut hingga 178 kali rata-rata dengan besaran 3-5,2 skala richter.

Peneliti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Sumut, Retno Agung menuturkan, guncangan gempa yang terjadi di Sumut tidak akan besar meskipun terjadi berulang kali. Alasannya, dilihat dari catattan gempa pertama pada 16 Januari 2017 berkekuatan 5,6 SR. Gempa tersebut terjadi diakibatkan oleh atah patahan yang berorientasi Utara-Selatan. Untuk memastikannya, surveipun dilakukan pada 17 dan 18 Januari ke lokasi. Di lokasi dijumpai adanya bukti-bukti yang menunjukkan bahwa orientasi patahan adalah ke arah Utara-Selatan.

Untuk lebih memperkuat analisis, dilihat dari arah robohnya bangunan, menunjukkan strukturnya ke arah Utara dan Selatan. Kemudian BMKG melihat adanya ground failure (kegagalan daya dukung tanah) akibat guncangan gempa. Juga terdapat rekahan-rekahan arah Utara-Selatan.

Menurut analisis yang dilakukan BMKG, hal itu terjadi karena di lokasi titik gempa banyak sekali struktur-struktur patahan, tetapi dimensi patahan tidak sepanjang Sesar Sumatra. Sehingga jikapun hal itu lepas menjadi energi gempa, tidak sebesar gempa-gempa akibat segmen yang ada di Sesar Sumatra.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in