Home | Jurnal Medan | Penyaluran Kredit Difokuskan ke 5 Sektor

Penyaluran Kredit Difokuskan ke 5 Sektor

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Penyaluran kredit dan pembiayaan perbankan di Sumatera Utara lebih besar ke sektor pangan dan energi. Adapun porsinya bisa sampai 23,82 persen.

Kepala OJK Regional 5, Lukdir Gultom mengatakan, selain sektor pangan dan energi, juga ke se kesehatan 10,97 persen, lalu nfrastruktur 6,79 persen dan sektor kemaritiman 3,88 persen.

Fokus pembiayaan OJK sendiri pada tahun ini masih akan memfokuskan diri melalui peningkatan alokasi pembiayaan pada empat sektor, yakni Infrastruktur, pangan dan energi, kemaritiman dan kesehatan. 

Intermediasi perbankan di Sumut mencatat pada 2016 mencatatkan realisasi untuk rasio loan di deposite ratio (LDR) sebesar 93,22 persen. Adapun khusus untuk sektor infrastruktur, pembiayaan lembaga jasa keuangan di Sumut mampu tumbuh 6,79 persen atau terpaut 1,72 persen dari realisasi nasional.

Adapun pada tahun ini, OJK akan lebih mengedepankan sequence yang lebih baik, akan mengeluarkan empat kebijakan untuk stabilitas dengan fokus pada upaya penguatan pengawasan terintegrasi, penyempurnaan pengaturan manajemen resiko, dan peningkatan kapasitas industri jasa keuangan nasional. 

Empat kebijakan tersebut yakni menerbitkan ketentuan mengenai pengelolaan resiko likuiditas konglomerasi, managemen permodalan konglomerasi dan Intra groups transaction exposures untuk melengkapi pengaturan kecukupan modal, manajemen resiko dan tata kelola konglomerasi keuangan. Kemudian ketentuan mengenai penyediaan likuiditas yang cukup dalam pembiayaan pembangunan serta monitoringnya. 

Disamping itu juga menerbitkan beberapa peraturan terkait mengenai rencana aksi (recovery plan) bank sistemik dan ketentuan yang mendorong agar bisnis industri keuangan non bank dapat tumbuh sehat dan berkelanjutan. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in