Home | Jurnal Medan | Gubernur Keberatan Kualatanjung Tidak Menjadi Pelabuhan Hub

Gubernur Keberatan Kualatanjung Tidak Menjadi Pelabuhan Hub

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berharap agar pemerintah pusat meninjau kembali keputusan mengalihkan pelabuhan pengumpul atau hub internasional dari Kuala Tanjung menjadi ke Tanjung Priok.

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengaku akan menyurati kementerian terkait agar meninjau ulang. Alasannya karena meskipun Tanjung Priok merupakan pelabuhan dengan luas yang lebih besar dan berada di ibu kota, namun Kualatanjung dianggap cocok karena terintegrasi dengan industri strategis seperti Inalum dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) SEI Mangkei. 

Dismping itu juga, dengan menjadikannya Kualatanjung sebagai pelabuhan pengumpul atau hub internasional, maka dapat mendorong perkembangan perekonomian di wilayah barat Indonesia, agar tidak ada lagi ekonomi berbiaya tinggi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta menyampaikan, bahwa keputusan menjadikan Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta sebagai pelabuhan pengumpul atau hub internasional, dibandingkan Pelabuhan Kualatanjung, Sumatera Utara, dengan alasan sebagai produktivitas transshipment (alih barang). Begitupun keputusan tersebut akan dikaji lebih dalam lagi pada Februari mendatang.

Peralihan status pelabuhan pengumpul atau hub internasional itu melalui Keputusan Menteri Perhubungan No 901/2016 tentang Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN) Tahun 2016. Dalam beleid tersebut, Pelabuhan Kualatanjung yang semula ditetapkan sebagai pelabuhan hub internasional kini hanya ditempatkan sebagai pelabuhan internasional saja.

Alasannya wacana Pelabuhan Kualatanjung sebagai pelabuhan hub internasional peti kemas tidak tepat. Penyebabnya, penerapan kebijakan semua arus peti kemas ekspor dan impor melalui pelabuhan di Sumatera Utara itu akan menyebabkan biaya total transportasi meningkat 1,31%. Hal itu diakibatkan arus lalu lintas truk yang lebih tinggi yang mengakses Pelabuhan Kualatanjung dari Jawa dan Sumatera. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in