Home | Jurnal Medan | Sekolah di Medan Rentan Gempa

Sekolah di Medan Rentan Gempa

By
Font size: Decrease font Enlarge font
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menghimbau seluruh managemen sekolah untuk mewaspadai resiko gempa. Sebab hampir seluruh sekolah yang ada saat ini memiliki bangunan yang bertingkat.
Manager Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan, Muhamad Yunus mengatakan, tingkat kerentanan gedung di Kota Medan cukup tinggi karena banyak yang bertingkat. Untuk mereduksi dampak buruk yang ditimbulkan dari gempa, maka secara berkesinambungan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui kegiatan simulasi.
Simulasi dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 060911 Jalan Menteng 7 Kecamatan Medan Denai, dengan memberikan pelatihan secara langsung kepada para murid dan tenaga pengajar agar tanggap ketika gempa terjadi waktu jam belajar sedang berlangsung.‎
BPBD sendiri akan tetap memaksimalkan seluruh personil untuk berjaga-jaga guna mengantisipasi gempa susulan.
BPBD menghimbau seluruh masyarakat agar tetap siaga dan tanggap ketika gempa terjadi. Sebaiknya tidak panik dan lakukan upaya penyelamatan diri. Dimana jika gempa terjadi dan berada di dalam rumah, segera cari tempat berlindung. Kemudian bisa berlindung di bawah meja dengan memegang kaki meja. Jangan lupa lindungi kepala, bisa dengan tas, atau minimal dengan tangan.
Berikutnya yang harus diperhatikan adalah menjauhkan diri dari benda pecah belah, lemari, dan semua benda yang masuk kategori berat dan bisa menindih. Tetap waspada dan perhatikan pergerakan benda-benda di sekitar. Setelah getaran berhenti, bisa segera buka pintu dan keluar dari rumah secepatnya. Ilham

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in