Home | Jurnal Medan | KPPU Duga Ada Ketidakberesan di Rantai Pangan

KPPU Duga Ada Ketidakberesan di Rantai Pangan

By
Font size: Decrease font Enlarge font
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga ada ketidak beresan dalam rantai distribusi pangan di tanah air. Sebab pada beberapa komoditas tertentu, kondisi harganya cenderung meningkat drastis dan sulit terkontrol.
Kepala Perwakilan Daerah KPPU Medan, Abdul Hakim Nasution mengatakan, sejak awal Desember 2016 hingga kini, KPPU melakukan pemantauan kondisi harga di beberapa komoditas, khususnya cabai. Adapun saat ini harganya sudah mengalami penurunan, begitupun akan terus dilakukan pemantauan, agar tidak terjadi permainan dari sisi tata niaga yang dapat mengganggu kondisi pasokan.
Kemudian untuk harga ayam yang mengalami kenaikan, KPPU mengaku akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait tentang penyebab kenaikan. Sebab kenaikan yang terjadi saat ini memunculkan kecurigaan, dimana tingkat konsumsi normal, dan pasokan tersedia, justru harga masih bertahan mahal.
Begitu juga untuk daging sapi yang harganya masih bertahan di Rp110 ribu perkilogramnya. Dalam hal itu, pemerintah sudah melakukan upaya dengan menyuplai daging sapi beku dan kerbau untuk menormalkan, namun respon masyarakat tidak begitu baik karena sudah terbiasa mengkonsumsi daging sapi hidup. 
Terkait harga daging sapi yang tak kunjung normal tersebut, KPPU akan melihat apakah ada alternatif lain yang dapat diambil pemerintah dengan kemungkinkan melakukan penambahan stok sapi impor yang sudah dilakukan pengurangan pada sejak tahun lalu.
Untuk memantau kondisi harga komoditas pangan dan ketersediaan pasokan, KPPU melakukan peninjauan langsung ke Pasar Petisah Medan pagi tadi. Lewat tinjauan langsung tersebut nantinya akan dijadikan pertimbangan untuk dilakukan penyelidikan terkait dugaan adanya upaya permainan dan persaingan usaha yang tidak sehat. Ilham

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in