Home | Jurnal Medan | BI Edarkan 1.107 Koli Uang Pecahan Emisi Baru di Sumut

BI Edarkan 1.107 Koli Uang Pecahan Emisi Baru di Sumut

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bank Indonesia resmi mengedarkan 11 pecahan uang rupiah tahun emisi 2016. Khusus di Sumatera Utara, uang pecahan tahun emisi baru tersebut distribusikan sebanyak 1.107 koli ke 9 kabupaten/kota.

Kepala Grup Advisory dan Pengembang Ekonomi Harries Merizal mengatakan, penyebaran uang baru sendiri dilakukan secara bertahap, dimana lewat perbankan maupun kas-kas keliling. Sedangkan untuk uang pecahan yang lama, masih tetap berlaku sepanjang belum di cabut ijin peredarannya. 

Adapun 11 pecahan uang rupiah emisi baru yang diedarkan terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat uang pecahan logam. Uang rupiah kertas sendiri terdiri dari pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu dan Rp1.000. Sementara untuk uang rupiah logam terdiri dari pecahan Rp1.000 Rp500, Rp200 dan Rp100.
Peresmian peluncuran dan pengedaran uang baru tersebut bertepatan dengan peringatan hari bela negara. Uang rupiah tahun emisi 2016 menampilkan dua belas gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama di bagian depan uang rupiah, sebagai bentuk penghargaan atas jasa yang telah diberikan bagi negara Indonesia.
Sementara untuk lebih memperkenalkan kegaman seni, budaya dan kekayaan alam Indonesia, uang rupiah kertas menampilkan gambar tari Nusantara dan pemandangan alam dari berbagai daerah di Indonesia. Keragaman dan keunikan alam dan budaya yang ditampilkan dalam uang rupiah harapannya dapat semakin membangkitkan kecintaan terhadap tanah air. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in