Home | Jurnal Medan | Hingga Pertengahan Desember 2017, Sumut Alami Pemadaman Bergilir

Hingga Pertengahan Desember 2017, Sumut Alami Pemadaman Bergilir

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kondisi kelistrikan di Sumatera Utara kembali tidak stabil karena dua mesin pembangkit utama sedang pemeliharaan. Sejumlah kawasan industri, perhotelan, pusat perbelanjaan hingga rumah tanggapun harus mengalami pemadaman bergilir hingga pertengahan Desember 2016 untuk memenuhi kecukupan daya.

Deputi Manajer Hukum dan Humas PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wilayah Sumut, Mustafrizal mengatakan, dua mesin pembangkit yang dilakukan pemeliharaan yakni Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya dan PLTU Unit 2 Pangkalan Susu yang masing-masing defisit hingga 90 Megawatt (MW) dan 200 MW.

Pemeliharaan sendiri diakui Mustafrizal untuk PLTU Nagan Raya diprediksi akan berlangsung hingga akhir Nopember 2016, sedangkan untuk PLTU Pangkalan Susu hingga pertengahan Desember 2016.

Mustafrizal menyebutkan, meski total defisit listrik mencapai 290 MW akibat pemeliharaan dua mesin pembangkit, namun kelistrikan di Sumut sedikit terselamatkan karena menerima bantuan suplai daya dari PLTU Inalum dan Sumatera Bagian Tengah sekitar 60-90 MW. Begitupun, kondisi ketersediaan listrik di Sumut masih belum aman.

Disebutkan Mustafrizal, pasokan dikatakan ideal bila seluruh mesin pembangkit beroperasi dan tidak ada mengalami gangguan. Kemudian kondisi cadangan yang tersedia mencapai 30 persen atau sekitar 600 MW dari total beban puncak mencapai 1.940 MW di seluruh kawasan Sumbagut dan Aceh saat malam hari.

Disaat defisit listrik, pemadaman bergilir akan dilakukan mulai dari kawasan industri. Bila belum juga mencukupi akan dilanjutkan ke kawasan perhotelan dan pusat perbelanjaan, selanjutnya ke pengguna rumah tangga dengan beban puncak pemakaian yang tinggi.

Mustafrizal mengungkapkan, bahwa kondisi kelistrikan di Sumut dalam kondisi yang pas-pasan. Dimana antara suplai dan demand tidak berbanding lurus, yakni disaat kondisi pasokan tidak mencukupi, namun permintaan pelanggan terus bertambah. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in