Home | Jurnal Medan | Indek Inklusif Ditarget Capai 75 Persen

Indek Inklusif Ditarget Capai 75 Persen

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah menargetkan indek inklusif keuangan di Indonesia bisa mencapai 75 persen. Keuangan inklusif merupakan pendalaman layanan keuangan (financial service deepening) yang ditujukan kepada masyarakat agar memanfaatkan produk dan jasa keuangan formal.

Kepala OJK Regional 5 Sumbagut, Lukdir Gultom mengatakan, indeks literasi keuangan Indonesia saat ini masih rendah, yakni baru 21,48%, sedangkan Malaysia dan Singapura masing-masing bertengger pada angka 65% dan 98%.

OJK sendiri melakukan survei tingkat literasi keuangan tersebut kepada 8.000 responden di 20 provinsi berbeda. Survei itu menggambarkan bahwa masih sangat minim masyakat yang memahami sektor jasa keuangan, yakni tidak sekedar mengetahui, tapi juga memiliki keyakinan terhadap lembaga jasa keuangan berserta  produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan. Dengan angka itu, berarti hanya ada 22 orang dari 100 orang di Indonesia yang memahami dan meyakini sepenuhnya manfaat lembaga jasa keuagan beserta produk dan layanan yang ditawarkan.

Berdasarkan fakta tersebut, katanya, maka peningkatan literasi keuangan menjadi salah satu hal yang layak mendapatkan prioritas karena perekonomian suatu bangsa salah satunya ditunjukkan dengan indeks literasi keuangan.

Selanjutnya, literasi keuangan bukan hanya berbicara sejauh mana tingkat pemahaman dan keyakinan masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan, namun juga mendeskripsikan tingkat keterampilan masyarakat dalam mengelola keuangannya sebaik mungkin untuk mencapai kesejahteraan, yakni tentang bagaimana mengalokasikan sumber penghasilan atau pendapatan yang diterima pada instrumen keuangan formal dan dapat menyejahterakan. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in