Home | Jurnal Medan | Korupsi Hambat Pergerakan Ekonomi

Korupsi Hambat Pergerakan Ekonomi

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Tingginya angka korupsi dan tidak efisiennnya sistem birokrasi di Indonesia menjadi hambatan utama dalam pergerakan laju pertumbuhan industri dan bisnis di tanah air. Padahal pemerintah Indonesia menargetkan pencapaian nilai investasi nasional dalam lima tahun (periode 2015-2019) sebesar Rp 3.500 triliun, sedangkan saat ini sudah terealisasi Rp1.600 triliun. 

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Rosan P Roeslani mengatakan, prioritas dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat ini pemberantasan pungutan liar (pungli) dan korupsi. Selain itu juga merubah sistem birokrasi menjadi efisien dan memperkuat kondisi infrastruktur di Indonesia. Jika ketiga hal itu dapat diperbaiki, maka kondisi daya saing dan pertumbuhan ekonomi yang menurun, diyakini dapat meningkat di Indonesia.

Hal lain terkait pemenuhan kepastian hukum dan bisnis yang dikeluhan kalangan pengusaha. Kolaborasi antar dunia usaha, regulator dan stake holder terkait seperti kepolisian harapannya dapat saling bersinergi, agar tercipta kenyamanan bagi dunia usaha. Rosan mengklaim, dengan adanya kepastian hukum dan usaha, target pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan akan terbuka. Pengentasan kemiskinan akan berkurang dan masalah kesenjangan sosial akan dapat ditanggulangi. 

Rosan mengungkapkan, penerbitan 13 paket kebijakan yang dikeluarkan pemerintah menjadi harapan baru. Harapannya dapat benar-benar menyederhanakan peraturan terkait perijinan dan birokrasi di Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang sektor konsumsi masyarakat sekitar 55 persen, disusul pengeluaran pemerintah 9 persen, investasi 33 persen dan sisanya eksport dan import. Maka dengan kenyataan bahwa tidak semua tenaga kerja mampu berwirausaha, maka dunia usaha dapat menciptakan lapangan kerja. Sektor investasi yang menjadi penggerak perekonomian, harapannya secara bersama-sama dengan gerakan nasional dapat dijaga.  RW

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in