Home | Jurnal Medan | BNN Tembak Mati Kurir Narkoba di Medan

BNN Tembak Mati Kurir Narkoba di Medan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Narkotika Nasional (BNN) menembak mati satu dari dua orang pelaku (kurir) narkoba saat melintas di Ruko Perum Imporium, tepat di depan RS Bina Kasih Kelurahan Sunggal Kecamatan Medan Sunggal, Sumatera Utara. Adapun barang bukti yang diamankan yakni sabu kristal (metamin) seberat 35 kg, pil ekstasi 100 ribu butir dan 50 ribu butir pil happy five, serta uang tunai, dan kendaraan tersangka.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan BnN Pusat, Armand Depari menyebutkan, ada tiga orang tersangka yang diamankan, yakni ABL, IRL dan Jum yang tewas di tempat karena tertembak saat melakukan perlawanan. Ketiga tersangka tersebut merupakan warga kuala Simpang, Aceh.

Adapun kronologis penangkapan berawal dari informasi yang diterima terkait adanya transaksi sabu. BNN yang telah menerima informasi konkrit, kemudian dari Aceh Tamiang melakukan pengintaian hingga ke Medan menggunakan mobil. Sesampainya di Jalan TB Simatupang depan perumahan Imperesion Sunggal, salah seorang pelaku, merupakan koordinatir kurir berusaha melarikan diri. Seketika BNN melakukan upaya penindakan dengan melayangkan tembakan ke arah pelaku berinisial Jum hingga dua kali di tempat kejadian perkara (TKP).

Adapun dari hasil penyelidikan yang dilakukan, barang bukti yang dibawa tersangka berasal dari negara Malaysia, yang kemudian dibawa ke Aceh, dan akan diedarkan ke beberapa kota besar di Pulau Jawa lewat darat dari Medan ke Jakarta. 

Tersangka sendiri dikenakan pasal 112, 114, 123 Undang-undang No. 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan hukuman mati. Kemudian tersangka juga dikenakan pasal berlapis berupa penyidikan tindak pidana money laundry (pencucian uang) sesuai dengan UU No. 8 2010. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in