Home | Jurnal Medan | Pengusaha Minta Pemerintah Serius Turunkan Harga Gas di Sumut

Pengusaha Minta Pemerintah Serius Turunkan Harga Gas di Sumut

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Asosiasi Perusahaan Pengguna Gas (Apigas) meminta pemerintah benar-benar serius merealisasikan penurunan harga gas untuk industri menjadi 6 dollar amerika per Million Metric British Thermal Unit (MMBTU).

Ketua Apigas Sumut Johan Brien menuturkan, selama ini banyak janji pemerintah untuk menurunkan harga gas. Terakhir, adalah Peraturan Presiden No.40/2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi pada Mei 2016. Dari perpres itu, harga gas di Sumut seharusnya sudah bisa turun 9,9 dollar amerika per MMBTU, tapi sampai sekarang belum ada yang bisa menikmatinya. Sekarang di Sumut itu masih dollar amerika 12,22 per MMBTU.

Penetapan harga maksimal 6 dollar amerika per MMbtu tersebut dinilai Johan sudah sesuai, asal harga tersebut berlaku sama di seluruh Indonesia. Saat ini industri di Sumut sulit bersaing akibat harga yang jauh lebih mahal.

Johan optimistis jika pemerintah sungguh-sungguh, penurunan harga ini bisa diterapkan mulai awal tahun depan. Adapun, hingga saat ini akibat harga gas industri yang mahal, sudah enam perusahaan yang tutup dengan PHK 10.000 orang pekerja.

Sebelumnya, berdasarkan hasil rapat terbatas tentang harga gas di kantor presiden, finalisasi penurunan harga gas untuk industri ditargetkan paling lambat bulan ini. Finalisasi tersebut dilakukan oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in