Home | Jurnal Medan | Pengendalian Inflasi Terganjal di Komoditas Cabai dan Bawang Merah

Pengendalian Inflasi Terganjal di Komoditas Cabai dan Bawang Merah

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Komponen volatile foods menjadi tantangan terbesar Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dalam mengendalikan angka inflasi di Sumatera Utara, khususnya dari sektor komoditas cabai merah dan bawang merah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kantor Wilayah Sumut, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, kelompok volatile foods tercatat sebagai inflasi paling besar 3,24 persen secara month to month pada September 2016 dibanding kelompok adminestered price, atau secara tahunan mencatat inflasi 11,21 persen. Dimana angka tersebut meningkat tajam dari bulan lalu yang tercatat inflasi sebesar 1,53 persen (mtm) atau 4,27 persen (yoy).

Peningkatan harga volatile foods secara bulanan tersebut terutama bersumber dari meningkatnya harga komoditas cabai merah, ikan dencis, kentang dan ikan kembung.

Sementara itu, kelompok administered prices mencatat inflasi hanya sebesar 0,70 persen (mtm) atau secara tahunan inflasi sebesar 1,59 persen (yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kantor Wilayah Sumut, Difi Ahmad Johansyah menyebutkan, secara spasial inflasi di Sumut terjadi pada keseluruhan kota, dengan inflasi tertinggi terjadi di kota Sibolga 1,85% secara month to month (mtm), diikuti Medan 1,32% (mtm), Padangsidimpuan 0,83% (mtm), dan Pematang Siantar 0,29% (mtm).

Adapun akibat tingginya disparitas inflasi antar kota yang masuk dalam indeks harga konsumen (IHK) di Sumatera Utara mengindikasikan semakin mendesaknya intensifikasi perdagangan antar wilayah yang kesuksesannya tidak lepas dari kapabilitas infrastruktur yang memadai.

Begitupun Bank Indonesia memperkirakan, inflasi masih dapat tetap terkendali dan berada pada sasaran inflasi 2016, yaitu 4%±1% (yoy). Hal itu dengan melakukan koordinasi kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia di pusat maupun di daerah melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Utara, sesuai roadmap jangka pendek dan menengah TPID, dengan fokus pada upaya menjamin pasokan dan distribusi, khususnya berbagai bahan kebutuhan pokok dan menjaga ekspektasi inflasi. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in