Home | Jurnal Medan | Tahap I Amnesti Pajak, Uang Tebusan Tembus Rp4,07 T

Tahap I Amnesti Pajak, Uang Tebusan Tembus Rp4,07 T

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Nilai uang tebusan amnesti pajak tahap pertama di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara I mencapai Rp4,07 triliun, dari target yang ditetapkan hingga akhir periode pengumpann pajak pada 31 Maret 2016 sebesar Rp4,4 triliun.

Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Sumut I, Marslinus Simbolon mengatakan, berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan sejak 1 Juli 2016-30 September 2016 pukul 00.00 Wib tebusan sudah Rp4,07 triliun, dengan total wajib pajak atau pengusaha yang memanfaatkan program tersebut sebanyak 24.688 WP.

Adapun jumlah tersebut terhimpun dari wilayah kerja Kanwil DJP Sumut I yakni Kota Medan, Deli Serdang, Binjai dan Langkat dengan harta yang dideklarasi sebanyak Rp161,237 triliun.

Untuk mendukung amnesti pajak, Kanwil DJP Sumut I dan seluruh kantor Pelayanan Pajak di bawahnya terus membuka pelayanan setiap hari hingga tahap III, yakni Senin-Jumat pada pukul 08.00-16.00 Wib, Sabtu 08.00-14.00 Wib dan Minggu 08.00-12.00 Wib.

UU Tax Amnesty merupakan penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan, dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang tersebut.

Bagi siapapun yang menyelesaikan laporan harga dan mengikuti program tax amnesty di tahap pertama (akhir September 2016) hanya akan dikenakan denda senilai 2 persen dan kemudian dilanjutkan Oktober hingga Desember dikenakan 3 persen, namun jika melaporkan aset di luar negeri, uang tebusan menjadi empat persen. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in