Home | Jurnal Medan | Keberadaan Bangunan Bersejarah di Medan Memprihatinkan

Keberadaan Bangunan Bersejarah di Medan Memprihatinkan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Keberadaan bangunan bersejarah di Kota Medan dalam kondisi yang memprihantikan. Sebab jumlah bangunan tua yang memiliki muatan sejarah perlahan menyusut seiring derap pembangunan fisik kota atas nama modrenisasi.

Kepala Pusat Studi Sejarah dan Ilmu Sosial (PUSSIS) Sumatera Utara, Ichwan Phil mengatakan, krisis bangunan bersejarah tidak hanya terjadi di Kota Medan, namun di kota besar lainnya di Indonesia. Permasalahan yang terjadi karena lemahnya penegakan hukum. Padahal sudah ada Undang-undang No. 5 tahun 1992 dan Peraturan Daerah (Perda) No. 6 tahun 1988 tentang perlindungan gedung bersejarah dan purbakala.

Semua bangunan bernilai sejarahpun kini terancam punah, atau tragisnya tergadaikan. Sebagai contoh gedung Balai Kota yang kini sudah beralih fungsih menjadi Hotel Aston dan tertutup bagi publik.

Azharipun menyayangkan sikap pemerintah yang seolah mendiamkan, sebab penghancuran aset sudah terjadi sejak 1998, dan masih berlangsung hingga sekarang.

Adapun beberapa bangunan bernilai sejarah yang telah hancur yaitu villa kembar di Jalan Diponegoro yang kini sudah bèrubah menjadi hotel Adi Mulia. Lainnya RS Tembakau Deli yang menunggu waktu teralih fungsih, karena sudah tidak di operasional kan lagi.

Diharapkan kepada pemerintah untuk dapat memberikan penghargaan kepada masyarakat atau kelompok pemilik bangunan bersejarah, karena kebanyakan bukan bagian dari aset Pemko Medan.

Selama ini banyak masyarakat yang tinggal di gedung bernilai sejarah, namun seperti menyewa di rumahnya sendiri karena nilai biaya pajak yang dikenakan terlampau besar. Padahal seharusnya pemerintah dapat memberikan penghargaan dan insetif kepada pemilik gedung, dengan begitu pemiliknya akan merasa bangga dan tidak akan menjualnya. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in