Home | Jurnal Medan | Dewan Pers Temukan Bukti Kekerasan TNI AU ke Jurnalis

Dewan Pers Temukan Bukti Kekerasan TNI AU ke Jurnalis

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Satuan Tugas Penanganan Kekerasan Dewan Pers menemukan bukti-bukti kekerasan oleh personil TNI AU terhadap wartawan di Sarirejo, Medan Polonia.

Anggota Satgas Kamsul Hasan mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan korban dan komunitas pers di Medan untuk mencari bukti-bukti terkait kasus ini.

Hasilnya ditemukan bukti berupa foto pelaku. Pengembalian alat kerja salah satu wartawan yang dianiayai oleh TNI AU juga menjadi petunjuk kuat dalam kasus ini layak diproses ke ranah hukum. 

Selain perampasan, Satgas juga menemukan bukti penganiayaan yang dilakukan secara individual maupun secara bersama-sama. Menurutnya, pelaku penganiayaan dapat dikenai pemberatan jika nantinya terbukti korban mengalami luka berat seperti patah tulang yang dilaporkan dialami salah satu korban.

Selanjutnya mereka akan memberikan laporan terkait kasus ini kepada Ketua Dewan Pers, yang selanjutnya diharapkan memberikan resume kepada Panglima TNI.

Tim Advokasi Pers Sumatera Utara merupakan gabungan organisasi jurnalis dan perusahaan media yaitu, Aliansi Jurnalis Independen Medan, Persatuan Wartawan Indonesia Sumut, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Sumut, Forum Wartawan Kesehatan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia, Aliansi Media Cyber Indonesia, Pewarta Foto Indonesia Medan, serta Harian Tribun Medan, MNC, dan Lembaga Bantuan Hukum Medan.

Jurnalis di Medan telah membentuk tim advokasi. Dimana telah mendapat kuasa untuk mendampingi empat wartawan yang menjadi korban kekerasan aparat negara, yaitu Array A Argus (Tribun Medan), Prayugo Utomo (menaranews.com), Fajar Siddik (medanbagus.com), dan Tedi Akbari (Sumut Pos). RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in