Home | Jurnal Medan | Komnas HAM Soroti 3 Kasus Besar di Sari Rejo

Komnas HAM Soroti 3 Kasus Besar di Sari Rejo

By
Font size: Decrease font Enlarge font


Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) soroti tiga kasus yang terjadi di Sari Rejo, Medan, untuk mengungkap fakta peristiwa yang terjadi. Mulai terkait dengan kasus kekerasan yang dialami warga dan jurnalis, serta asal muasal permasalahan terkait sengketa lahan.

Ketua Tim Aparat Penegak Hukum Sub Komisi Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM RI, Natalius Pigai mengatakan, penyelidikan dilakukan guna merespon pengaduan dari masyarakat Sari Rejo, dan untuk melihat secara objektif, inparsial dan transparan kasus yang sudah menjadi isu nasional.

Komnas HAM pun akan melakukan konstruksi atas tiva kasus, yakni terkait fakta peristiwa tindakan kekerasan yang diduga dilakukan TNI AU.

Lalu fakta peristiwa pekerja jurnalis yang menjadi korban. Dalam hal inj akan dilihat dua aspek, yakni tindakan dilakukan ke jurnalis apakah dianggap warga biasa atau tersangka sadar dan segaja melakukan tindakan kekerasan dan menghalangi tugas untuk mengekang kebebasan pers.

Aspek lain yang akan di selidi yakni asal muasal persoalan. Dimana terkait sengketa tanah yang secara legalitas menurut masyarakat Sari Rejo milik mereka dan ditempati TNI AU. Untuk hal ini akan lakukan pendekatan secara dialogis, mediasi dan legalitas.

Dalam proses penyelidikan yang dilakukan, Komnas HAM berharap kerjasama yang baik oleh para pihak-pihak yang terkait agar terciptanya kondisi aman dan damai antara masyarakat dan aparat sebagai abdi negara. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in