Home | Jurnal Medan | Didorong PDRB Meningkat, Ekonomi Sumut Menunjukkan Trend Perbaikan

Didorong PDRB Meningkat, Ekonomi Sumut Menunjukkan Trend Perbaikan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara menunjukkan perbaikan yang signifikan pada triwulan II 2016. Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) tumbuh dari 5,0% secara year on year (yoy) menjadi 5,7% (yoy). Perbaikan kinerja terjadi di sisi permintaan domestik dan sektor eksternal.

Pimpinan Bank Indonesia Kantor Wilayah Medan, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, kondisi tersebut menunjukkan indikasi berlanjutnya tren perbaikan ekonomi meski sempat melambat di triwulan sebelumnya.

Perkembangan tersebut juga memberi keyakinan bahwa ekonomi Sumut di tahun 2016 lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Membaiknya perekonomian domestik pada triwulan ini tidak terlepas dari adanya pergeseran bulan Ramadhan yang disertai dengan perbaikan harga komoditas perkebunan sehingga meningkatkan daya beli masyarakat sepanjang triwulan II 2016.

Aktivitas konsumsi rumah tangga pada periode ini juga diperkuat dengan adanya pencairan THR, gaji ke 13 dan gaji ke 14 serta realisasi inflasi yang relatif rendah dan terkendali. Dengan demikian, konsumsi swasta mengalami perbaikan yang sangat signifikan, dari 4,7% (yoy) menjadi 5,2% (yoy). Begitu juga dengan konsumsi pemerintah yang terakselerasi sesuai dengan polanya, sebesar 4,3% (yoy) menjadi 4,5% (yoy).

Dari sisi eksternal, perbaikan harga komoditas perkebunan yang terjadi pada triwulan lalu di tengah permintaan domestik yang meningkat dalam menyambut lebaran menyebabkan adanya peningkatan kinerja ekspor yang signifikan dari 3,2% (yoy) menjadi 6,9% (yoy).

Perbaikan ekspor diperkirakan terjadi pada ekspor antar daerah sejalan dengan perbaikan permintaan domestik yg juga terjadi di daerah lain. Sementara itu, ekspor luar negeri juga secara tahunan membaik meski masih dalam teritori negatif.

Begitu juga dengan kinerja impor yang meningkat signifikan dari 1,4% (yoy) menjadi 7,4% (yoy). Tingginya peningkatan realisasi impor ini memberikan optimisme perbaikan ekonomi sejalan dengan kenaikan impor barang modal. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in