Home | Jurnal Medan | Ekonom: Waspadai Kenaikan Harga Beras

Ekonom: Waspadai Kenaikan Harga Beras

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Harga sejumlah bahan pangan di pasar tradisional masih belum mengalami perubahan yang signifikan, diantaranya komoditas cabai. Sementara itu, untuk komoditas lainnya, untuk diwaspadai kenaikkannya yaitu beras.

Ketua Tim Pemantau Harga di pasar, Gunawan Benjamin mengatakan, pada hari ini harga cabai masih belum mengalami perubahan. Sedangkan untuk harga gula non kemasan saat ini masih bertahan di harga Rp16.500 hingga Rp17.000 perkilogramnya. Sementara harga gula kemasan masih dijual di harga Rp19.500.  Lainnya harga minyak goreng saat ini di pasaran R13.500 perkg.

Gunawan mengingatkan untuk mewaspadai kenaikan harga beras. Dimana saat ini harga beras masih bertahan dikisaran sama sejak sepekan yang lalu. Namun berdasarkan hasil survey ke sejumlah pedagang dan sejumlah kilang, mereka menyatakan bahwa harga beras berpeluang naik nantinya. Untuk itu kewaspadaan perlu ditingkatkan hingga akhir tahun.

Alasan yang mengemuka adalah bahwa musim panen telah usai sebelum ramadhan kemarin. Sehingga sebaiknya pemerintah bisa melakukan upaya-upaya untuk menstabilkan harga beras. Walaupun belum tentu 100 persen akurat, namun pola kenaikan harga beras ini sudah terbaca setiap tahunnya.

Ditambah lagi dengan kondisi curah hujan yang meningkat akhir-akhir ini, bisa menjadi pemicu terganggunya sisi persediaan. Sebab jika nantinya curah hujan mengalami peningkatan, dikhawatirkan sejumlah kilang yang hanya mengandalkan pengeringan secara alami dengan cara dijemur, akan terganggu dengan kondisi musim tersebut. Dimana nantinya mereka akan menjual gabah ke kilang besar dengan teknologi canggih. Akibatnya pola pasar akan berubah. Dikhawatirkan dengan pola pasar yang berubah tersebut, harga cenderung di sesuaikan oleh kilang besar sehingga mengalami lonjakan harga. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in