Home | Jurnal Medan | Genjot Produktifitas, Pemprovsu Tekan Alih Fungsih Lahan

Genjot Produktifitas, Pemprovsu Tekan Alih Fungsih Lahan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus menggenjot produktiftas pertanian tanaman padi, jagung dan kedelai (Pajali), dengan menekan angka alih fungsih lahan dan meningkatkan kemampuan para petani dalam berpola tanam.

Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan, alih fungsi lahan pertanian sawah ke non sawah tiap tahunnya selalu tinggi, dengan rata-rata sebesar 2,7 persen per tahun. Walaupun sudah terbit Perda No. 3 tahun 2015 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanutan tapi alih fungsi ini masih terjadi. Untuk itu, Gubsu mengharapkan kepada kabupaten/kota segera menerbitkan peraturan bupati/walikota terkait hal tersebut.

Sedangkan permasalahan terkait kemampuan petani dalam memanfaatkan teknologi di beberapa daerah umumnya masih rendah dan menurunnya minat generasi muda untuk terjun di bidang pertanian yang masih rendah yakni baru 96,97 persen, dapat meningkat seiringnya waktu.

Gubsu juga menghimbau semua pihak yang terlibat bisa bekerja keras untuk memenuhi target tanam, dan tercapainya swasembada pangan berkelanjutan. Sebab dengan adanya sinergis, maka kendala-kendala seperti masih sempitnya kepemilikan lahan petani dengan rata-rata 0,5 hektar/KK yang menyulitkan untuk mencapai skala ekonomis, harapannya dapat terpecahkan masalahnya.

Pada priode masa tanam bulan Oktober 2015-Sept 2016 Provinsi Sumut menargetkan tanam padi sebesar 830.700 hektare, dimana pada target Oktober 2015-Maret 2016 sebesar 418.496 hektare, atau telah terealisasi 446.480 Ha (106,68 persen).

Untuk rencana tanam bulan April-Sept, Sumut harus mampu merealisasikan target tanam seluas 412.204 ha, dimana sebagian dari target tersebut mendapat dukungan dari pemerintah pusat melalui kementerian pertanian berupa bantuan benih padi jagung dan kedelai. Untuk realisasi tanam padi saat ini sudah tercapai 164.590 ha (39,93 persen) dari target April-September, atau dengan angka produktivitas padi sebesar 51,75 Kw/Ha. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in