Home | Jurnal Medan | Gubsu Minta Masyarakat Sumut "Menahan Diri"

Gubsu Minta Masyarakat Sumut "Menahan Diri"

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi menyebutkan, etnis lokal di Sumut sebanyak 8 etnis, enam diantaranya Puak Batak yaitu Batak Simalungun, Toba, Pakpak Karo, Angkola, Mandiling ditambah etnis Melayu dan Nias. Sedangkan etnis nusantara diantaranya etnis Jawa, Minang, Aceh, Sunda, Bugis, Banjar dan lain sebagainya. Etnis mancanegara diantaranya etnis Arab, China, India dan lainnya.

Bahkan populasi etnis Jawa mencapai 35 persen di Sumut. Namun selama ini seluruh masyarakatnya dapat hidup berdampingan secara harmonis, dalam bingkai Bhinnneka Tunggal Ika. Kepada etnis Thionghoapun diminta untuk dapat berbaur dengan kehidupan sosial dan tidak mengedepankan eksklusifisme dalam bermasyarakat.

Sedangkan kepada semua masyarakat menahan diri untuk kembali mengkondusifkan keamanan di provinsi itu pasca kerusuhan di Tanjungbalai. Kepada masyarakat juga diharapkan untuk tidak mudah terprovokator akan isu ataupun komentar dari pihak manapun sebelum mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu.

Kepala  Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso menegaskan, bahwa  kerusuhan di Tanjungbalai, Sumatera Utara tidak akan merembet ke daerah lain, sebab menurutnya peristiwa di Tanjungbalai bukan karena ada masalah SARA sebelumnya, tetapi hanya spontanitas yang disebutkan akibat ada protes adzan masjid yang dinilai terlalu kuat oleh seorang warga Tionghoa.

Keyakinan tidak merembet juga karena kerusuhan yang terjadi sudah bisa ditangani dengan baik. Pihak kepolisian sudah punya pengalaman penanganan terhadap kejadian serupa yang terjadi di Papua.

Sutiyoso pun berharap upaya pemulihan keamanan yang dilakukan pihak keamanan hendaknya didukung masyarakat. Disamping itu masyarakat diharapkan harus menahan diri ditengah keberagaman suku bangsa dan agama. Sehingga harus saling menghargai satu sama lainnya.

Sementara aparat juga diminta jangan lengah.dan pemerintah daerah (pemda) juga harus turut membantu mengatasi konflik. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in