Home | Jurnal Medan | Danau Toba Akan Lakukan Restoking Ikan Endemik

Danau Toba Akan Lakukan Restoking Ikan Endemik

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Sumut, Zonni Waldi mengaku, bahwa pihaknya akan melakukan restoking ikan endemik berkisar 100 ribu ekor setiap bulannya hasil dari pembenihan UPT Kerasaan.

Sebanyak 20 ribu ikan tawes yang ditebar juga hasil pembenihanDinas Perikanan dan Kelautan, sedangkan 5 ribu ikan pora-pora bantuan dari Pangdam I Bukit Barisan.

Ketika KJA mulai diturunkan maka restoking akan ditingkatkan, tujuannya untuk meningkatkan pendapatan nelayan. Produknya nanti bisa diolah oleh industri kecil. Di daerah-daerah tertentu, juga akan ditetapkan sebagai kawasan suaka ikan atau perlindungan ikan. Di lokasi suaka ikan tidak boleh ada penangkapan ikan.

Bagian dari pelaksanaan Rencana Aksi aksi terpadu penanganan Kawasan Danau Toba Tahun 2016-2018, bulan Agustus ini akan dilakukan pendata ulang KJA milik masyarakat yang ada. Akan dilakukan pemeriksaaan by name dan by adress pemilik keramba per kabupaten serta luasannya.

Menurutnya KJA masyarakat dan KJA perusahaan yang ada di Danau Toba pada tahun 2015 memproduksi 80 ribu ton ikan per tahun padahal kapasitas daya dukung danau hanya 50 ribu ton per tahun. Dijelaskannya dua perusahaan memproduksi 51 ribu ton per tahun dan KJA rakyat sebesar 29 ribu ton per tahun.

Untuk mendukung itu, pemerintah Provinsi dan Pemerintah daerah terkait serta pemerintah pusat akan melakukan penataan KJA secara bertahap hingga posisi zero pada tahun 2018. Sedangkan pemerintah harus hati-hati dalam penanganan KJA agar jangan sampai muncul konflik sosial. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in