Home | Jurnal Medan | Menkopolhukam: Tindak Tegas Perusahaan Pengrusak Dantob

Menkopolhukam: Tindak Tegas Perusahaan Pengrusak Dantob

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Menteri Koordinator (Menko) Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam), Luhut Binsar Panjaitan sebut tingkat pencemaran air Danau Toba sudah pada kategori yang parah. Monatorium untuk mengatasi pencemaran diharapkan segera dilaksanakan.

Luhut juga meminta agar tujuh kabupaten pemilik Danau Toba serius mendukung program pemerintah dalam pengembangan Danau Toba sebagai destinasi wisata bertaraf internasional, dengan menindak tegas perusahaan yang menyebabkan air Danau Toba tercemar. Termaksud keramba yang ada di sekitaran Danau Toba.

Menurut Luhut, pemerintah serius mengembangkan Danau Toba, hal itu ditandai dengan menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung diantaranya jalan tol Medan menuju Tebing Tinggi hingga ke Parapat. Selain itu, pemerintah dalam waktu dekat akan mengembangkan Bandara Sibisa di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sebagai penunjang akses masuknya wisatawan dari berbagai negara.

Sementara untuk menampung wisatawan dari luar negeri, pemerintah juga akan membangun kawasan hunian, resort, gedung konferensi bertaraf internasional di atas lahan seluas 500 hektar. Lokasinya nanti tidak jauh dari Bandara Sibisa.

Adapun target kunjungan wisawatan mancanera secara nasional tahun 2017 sebanyak 10 juta orang, terbesar dari Tiongkok, kemudian Amerika dan sejumlah negara eropa. Sebab di masa mendatang, pemerintah mengedepankan sektor pariwisata akan menyumbang income terbesar, tidak lagi dari sektor industri. Untuk itu, kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat dapat mendukung program pengembangan kawasan wisata. Disamping itu, masyarakat di sekitar Danau Toba juga dihimbau untuk membiasakan diri mengedepankan pelayanan sebagai masyarakat sadar wisata. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in