Home | Jurnal Medan | Perputaran Uang Tak Layak Edar di Sumut Tinggi

Perputaran Uang Tak Layak Edar di Sumut Tinggi

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Perputaran uang tak layak edar di Sumatera Utara masih sangat tinggi. Sebabhampir 30 persen masyarakat menggunakan uang yang lusuh bahkan rusak.

Deputy Kepala Bank Indonesia Sumatera Utara, Subintoro mengatakan, peredaran uang tidak layak edar atau Clean Money Policy dikalangan masyarakat cukup tinggi. Sekitar 20 hingga 30 persen uang yang beredar di masyarakat adalah uang tidak layak edar dan 70 persen merupakan uang layak edar. Untuk itu, Bank Indonesia (BI) menggandeng Asosiasi Kasir Bank Medan (Askamed) untuk meminimalisir yang tidak layak edar di masyarakat. Progam ini merupakan salah satu program dari BI.

BI merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan rupiah serta mencabut, menarik dan memusnahkan uang dari peredaran.

Untuk mewujudkan clean money policy tersebut, pengelolaan pengedaran uang dilakukan oleh BI mulai dari pengeluaran uang, pengedaran uang, pencabutan dan penarikan uang sampai dengan pemusnahan uang dalam memenuhi kebutuhan uang kartal tepat waktu dan dalam kondisi layak edar. Sedangkan guna meningkatan jumlah uang layak edar, BI melakukan perencanaan agar uang yang dikeluarkan memiliki kualitas yang baik sehingga kepercayaan masyarakat tetap terjaga. Adapun perencanaan yang dilakukan BI meliputi perencanaan pengeluaran emisi baru dengan mempertimbangkan tingkat pemalsuan, nilai intrinsik serta masa edar uang.

Masyarakat yang menginginkan mendapatkan uang layak edar, saat ini sejumlah industri perbankan telah siap menerima untuk ditukar dengan yang layak. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengantri lebih lama di kantor BI untuk menukar uang lusuh atau menukar uang pecahan kecil untuk keperluan lebaran mendatang. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in