Home | Jurnal Medan | Gunawan: Tekan Harga Pangan, Butuh Pola Pengendalian

Gunawan: Tekan Harga Pangan, Butuh Pola Pengendalian

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Harga bahan pangan kian sulit dikendalikan, sebab akhir-akhir ini terus mengalami kenaikan. Disaat menjelang Ramadhan, serta ditambah keterpurukan nilai tukar Rupiah atas mata uang US Dolar. Pelemahan Rupiah ini memberikan dorongan untuk dijadikan alasan agar harga barang bisa dinaikkan.
 
Pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, untuk menstabilkannya dapat dengan menyediakan pasokan yang memadai. Namun pasokan itu sendiri juga belum tentu akan menjamin harga tidak mengalami kenaikan. Terlebih dengan struktur pasar yang monopoli. Dimana beberapa pelaku ekonomi besar menjadi pemain utama yang mengakibatkan harga mampu disetir oleh mereka sendiri.
 
Gunawan menilai, kenaikan barang yang begitu tinggi tidak hanya cukup distabilkan dengan pernyataan persedian bahan pangan cukup atau memadai. Karena pedagang besar, ataupun tengkulak serta masyarakat telah memiliki ekspektasi sendiri. Dimana selama kebutuhan di ekspektasikan mengalami kenaikan, maka disaat itu pula kenaikan harga barang umumnya diterima oleh masyarakat.
 
Jadi pada dasarnya pemerintah tengah berlomba dengan ekspektasi. Ditambah jika memang terjadi gangguan pada sisi pasokan. Sehingga terkadang intervensi dengan menjual sejumlah kebutuhan pokok tidak efektif dalam mengendalikan harga.
 
Untuk mengendalikan harga, Gunawan menilai dibutuhkan pola pengendalian yang berbeda. Dimana dari sisi pasokan harus tersedia, serta kelancaran distribusi barang ke masyarakat di jamin lancar. Artinya tidak ada faktor-faktor penyimpangan lain seperti penimbunan atau spekulasi, yang membuat sisi pasokan pada end user mengalami gangguan serius. Nah disinilah peran pemerintah untuk mengawasi dan memberikan sanksi pada proses distribusi bahan pangan tersebut.
 
Memerangi para mafia pangan perlu dilakukan secara terus menerus. Memperbaiki rantai distribusi, menambah sisi pasokan dengan peningkatan produktifitas petani menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menjaga stabilitas harga pangan di masyarakat.
 
Karena jika tidak ada perubahan pada pengendalian harga pangan secara fundamental di hulu (rantai pasokan dan produktifitas). Maka pengendalian harga pangan hanya akan seperti pemadam kebakaran. Hanya sesaat dan tidak menyelesaikan akar permasalahan. Dan impor menjadi salah satu jalan yang paling sering diambil untuk menstabilkan harga pangan. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in