Home | Jurnal Medan | BI Kembangkan Bawang Merah di Sumut

BI Kembangkan Bawang Merah di Sumut

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bank Indonesia komit kembangkan bawang merah di Sumatera Utara, dengan harapan ketersediaan terjaga. Sebab komoditas tersebut selalu menjadi penyumbang inflasi.

Pimpinan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, sebagai upaya menjaga target inflasi di level 4,5±1 perse, Bank Indonesia membina kelompok tani bawang merah yang produksinya diharapkan bisa menambah stok di Sumut. Dimana sudah ada sekitar 2 ton bawang merah dari hasil produksi di atas lahan seluas 1,3 hektare di wilayah Kabupaten Dairi yang telah berhasil panen untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Difi mengatakan, harga bawang merah saat ini sedang bagus. Karena itu, selama tidak impor, harga petaninya akan bisa terjaga karena stoknya tidak akan berlebihan di pasar. Dikatakan Difi, selama bisa mengendalikan harga bawang merah yang merupakan volatile food, maka akan bisa menjaga inflasi Sumut bahkan nasional.

Difi mengatakan, meski potensi untuk bawang merah sangat tinggi, namun tantangannya adalah belum tersedianya benih. Sebab jaminan akan benih hingga saat ini belum ada.

Dia menekankan, mengembalikan bawang samosir menjadi misi besar BI disamping menekan inflasi. Karena itu, kata Difi, pengembangan bawang merah juga bekerjasama dengan pemerintah daerah (pemda). Pengembangan bawang merah memang perlu kerjakeras jika ingin berhasil. BI tentu mendukung petani karena merupakan komitmen. Bantuan yang diberikan BI pun bukan dalam bentuk uang namun berupa benih, pupuk hingga perawatan. Selain itu, juga didatangkan ahli bawang merah dari Jawa Tengah sehingga petani bisa membandingkan bagaimana pertanian di daerah tersebut dan dapat mengambil poin-poin penting yang bisa diterapkan di lahan pertanian bawangnya. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in