Home | Jurnal Medan | Dongkrak Okupansi, Industri Perhotelan "Perang" Tarif

Dongkrak Okupansi, Industri Perhotelan "Perang" Tarif

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Industri bisnis perhotelan mulai mengatur strategi untuk menjaga tingkat okupansi selama Ramadhan yang trendnya biasa mengalami penurunan. Tak tanggung-tanggung, tidak hanya menawarkan menu berbuka, "perang" harga kamarpun siap dilakukan.

Director of Sales Grand Swiss-belhotel Medan, Henny Tanady mengatakan, dilihat dari pola tahunan, saat bulan Ramadhan kecenderungannya mengalami penurunan okupansi. Rata-rata setiap harinya hanya mencapai 70-80 persen saja atau menurun sekitar 5 sampai 6 persen dari bulan biasanya

Mengantisipasi kemungkinan penurunan tingkat hunian kamar selama bulan puasa, kegiatan meeting, incentive, convention, exhibition (MICE) pada bulan puasa menurun drastis. Rata-rata pemerintah ataupun goverment (perusahaan) lebih memilih menyelenggarakaan acara di kantor dan ini menyebabkan okupansi hotel cendrung menurun.

Karena itu, beragam strategi jitu sudah dipersiapkan menjelang Ramadhan. Selain paket menu berbuka, paket kamar dengan harga spesial juga sudah diluncurkan. Dan tahun ini, pihaknya mengemas dengan paket "Ramadhan Package" berlaku mulai 5 Juni hingga 6 Juli mendatang.

Menurut Henny, tingkat okupansi baru akan kembali normal pada saat hari H Lebaran atau pada tanggal 6-7 Juli 2016 hingga H+6 Lebaran. Mereka yang menginap di hotel biasanya yang ditinggal mudik oleh pembantu rumah tangga.

Seperti Holy Ramadhan Package, paket ini menawarkan 1 malam menginap di Deluxe Room, gratis takjil dan sahur untuk dua orang dengan harga Rp760 ribu. Dan untuk Cherish Ramadhan Package dibandrol Rp960 ribu dan pengunjung bisa menginap, gratis takjil, sahur dan makan buffet saat berbuka untuk dua orang. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in