Home | Jurnal Medan | OP Daging Sapi Akan Digelar

OP Daging Sapi Akan Digelar

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Untuk mengantisipasi potensi lonjakan harga daging sapi potong menjelang puasa dan Lebaran pada tahun ini, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan tengah menyiapkan operasi pasar.

Kepala Bidang Bina Usaha Disnak Sumut Agus Priwal menyebutkan, saat ini ketersediaan daging sapi potong menjadi fokus utama pihaknya. Operasi pasar akan dilakukan di dua tempat yakni kantor Disnak Sumut dan kantor Gubernur. Operasi pasar ini bekerja sama dengan Korpri.

Alasan menjadikan daging sapi sebagai fokus karena pasokannya belum dapat dipastikan. Sedangkan untuk komoditas lain seperti daging ayam dan telur kondisi saat ini sudah surplus, bahkan sudah dipasarkan 1/3 dari produksinya ke provinsi-provinsi tetangga.

Dia merinci, saat ini stok sapi potong di Sumut sebanyak 73.879 ekor atau setara 13.746 ton, sapi perah 92 ekor, dan kerbau 20.954 ekor.  Agus menjelaskan, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan, pihaknya tidak dapat hanya mengandalkan pasokan peternak sapi potong lokal.

Adapun, hingga akhir bulan lalu stok sapi potong di feed lotter di Sumut mencapai 19.500 ekor dari enam perusahaan. Lebih lanjut, Agus juga mengkhawatirkan banyak peternak yang akan menjual sapi ke provinsi tetangga dengan harga lebih tinggi.
 
Untuk pengawasan peredaran daging, Disnak Sumut telah bekerja sama dengan beberapa pemkab/pemko seperti Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Medan, Sibolga dan Padang Sidempuan. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in