Home | Jurnal Medan | Kendalikan Harga, TPID Rumuskan Rekayasa Pola Tanam

Kendalikan Harga, TPID Rumuskan Rekayasa Pola Tanam

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Utara (Sumut) merumuskan akan merubah pola tanam dan memanfaatkan teknologi pertanian agar komoditas terus berproduksi. Langkah ini dilakukan untuk mengendalikan harga pada momen hari besar keagamaan seperti Ramadhan dan Lebaran.

Sekretaris TPID Medan, Qamarul Fattah mengatakan, banyak kajian di bidang pertanian misalnya, pola tanam, keseragaman tanam sampai kepada pengaruh iklim kepada tanaman. Dan jika melihat data inflasi, pada bulan-bulan tertentu harga melojak dan mau tidak mau harus diimbangi dengan teknologi pertanian.

Pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan sehingga masa tanam tidak lagi mengikuti musim sehingga produksi dapat terus menerus. Ini tidak mustahil dilakukan, Dinas Pertanian (Distan) Sumut harus memiliki teknologi tersebut agar biasa merubah pola tanam.

Ia melanjutkan, daerah Medan sendiri memang tidak dapat difokuskan untuk menjadi daerah produsen. Karena itu, Distan harus memaksimalkan lahan tidur yang ada untuk ditanami komoditas sayuran seperti cabai dan bawang merah.

Tahun ini, tambahnya, akan ada 6 hektar lahan tidur yang akan dimanfaatkan untuk komoditas bawang merah dan 4 hektar untuk cabai merah. Menurutnya, jika pemanfaatan lahan tidur ini berjalan, diyakini mampu memenuhi kebutuhan bawang dan cabai merah masyarakat khususnya jelang lebaran.

Sebenarnya, sambungnya, solusi pengendalian harga di pasaran sudah diintuksikan sejak lama tetapi penanganannya belum dilakukan secara maksimal misalnya tentang pencanangan hubungan kerjasama perdagangan antar kabupaten. Kemudian adanya payung hukum untuk menjalankan Operasi Pasar (OP). RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in