Home | Jurnal Medan | Pemprovsu Janji Lunasi Hutang DBH

Pemprovsu Janji Lunasi Hutang DBH

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berkomitmen menyelesaikan kekurangan pembayaran Dana Bagi Hasil Pajak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara ke Kabupaten Kota pada tahun 2017 . Untuk tahun Anggaran 2016, Pemprov Sumut mengalokasikan Rp 800 milyar untuk membayar cicilan kurang bayar DBH.

Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara, Erry Nuradi mengatakan sebagaimana rekomendasi audit BPK, kewajiban pertama Pemprov Sumut adalah membayar kekurangan bayar DBH yang pada tahun 2014 jumlahnya mencapai Rp 2,3 triliyun.

Dikatakan Plt Gubsu, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Sumut tahun 2016 senilai Rp 9,9 triliyun sebenarnya sangat terbatas untuk program-program pembangunan. Dari Rp 9,9 triliyun APBD, dijelaskan Plt Gubsu hanya Rp 3 triliyun saja yang dialokasikan untuk belanja program pembangunan.

Dia merincikan total anggaran yang numpang lewat Rp 7 triliyun dari total Rp 9,9 triliyun APBD Provsu atau sekitar 70%. Dia merincikan anggaran yang numpang lewat diantaranya Dana Bantuan Operasional Sekolah senilai Rp 3 triliyun, yang langsung masuk ke rekening sekolah. Selanjutnya dana bagi hasil pajak yang harus dibagikan ke kabupaten/kota se Sumut yang tahun 2016 mencapai  Rp 1,5 triliyun.

Jumlah tersbeut harus  ditambah cicilan kurang bayar DBH tahun-tahun sebelumnya sebesar Rp 800 milyar sehingga menjadi total Rp 2,3 triliyun. Selain itu, ada alokasi gaji pegawai Rp 1,5 triliyun  sehingga total hampir sekitar Rp 7 triliyun adalah anggaran yang hanya numpang lewat. Sisanya sekira  Rp 3,1 triliyun untuk belanja program pembangunan. Dari sejumlah Rp3,1 triliyun tersebut, Pemprovsu mengalokasikan belanja modal atau belanja pembangunan hanya Rp 1,7 triliyun.

Secara bertahap, akan dilakukan perubahan pada struktur belanja APBD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar kualitas belanjanya semakin membaik. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in