Home | Jurnal Medan | BI Akan Sediakan Gerai Uang Cepat Saji

BI Akan Sediakan Gerai Uang Cepat Saji

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara siap meluncurkan sistem tukar uang berbasis online atau yang disebut gerai siap saji.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara Difi Ahmad Johansyah mengungkapkan, sistem ini akan menjadi yang pertama kali dilakukan di Indonesia. Dia mengungkapkan sistem aplikasi online ini akan diluncurkan dua minggu sebelum puasa.

Dia mengungkapkan aplikasi online ini ditujukan kepada masyarakat tertentu seperti instansi bisa swasta dan pemerintah. Adapun cara tahapannya yakni perwakilan instansi yang hendak menukarkan uang harus masuk ke aplikasi yang dibuat oleh BI Sumut, lalu mengisi aplikasi seperti nomor karyawan, nilai yang hendak ditukar dan pecahan yang dibutuhkan.

Setelah itu, perwakilan dari instansi bisa datang ke Kantor Perwakilan BI Sumut dengan membawa uang tunai yang hendak ditukar sesuai dengan jumlah yang diisi pada sistem online tersebut. Sebelum uang tunai tersebut tukar, katanya, regulator akan menghitung kembali dan memeriksa keaslian uang yang dibawa.

Dia mengungkapkan sistem online tersebut hanya bisa diakses oleh anggota masyarakat tertentu seperti intansi untuk memudahkan penukaran uang. Sampai saat ini, BI Sumut masih mematangkan aplikasi dan teknis.

Tahun ini, bak sentral kian gencar untuk menggalakkan clean money policy. Dia mengatakan BI merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan rupiah serta mencabut, menarik dan memusnahkan uang dari peredaran.

Untuk mewujudkan clean money policy tersebut, ungkap Difi, pengelolaan pengedaran uang dilakukan oleh BI mulai dari pengeluaran uang, pengedaran uang, pencabutan dan penarikan uang sampai dengan pemusnahan uang dalam memenuhi kebutuhan yang kartal tepat waktu dan dalam kondisi layak edar.

Untuk meningkatan jumlah uang layak edar, BI melakukan perencanaan agar uang yang dikeluarkan memiliki kualitas yang baik sehingga kepercayaan masyarakat tetap terjaga. Adapun perencanaan yang dilakukan BI meliputi perencanaan pengeluaran emisi baru dengan mempertimbangkan tingkat pemalsuan, nilai intrinsik serta masa edar uang.RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in