Home | Jurnal Medan | DHE Eksportir hanya Numpang Singgah

DHE Eksportir hanya Numpang Singgah

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Transaksi valuta asing dalam bentuk devisa hasil ekspor (DHE) yang dilakukan eksportir ternyata selama ini hanya numpang singgah. Mereka tidak benar-benar menempatkan uangnya di dalam negeri.

Analis Ekonomi Divisi Asesmen Sektor Eksternal dan Nilai Tukar Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Pusat, Olga Desiani mengatakan, dilihat dari pergerakannya, hingga saat ini transaksi valuta asing (valas) yang dilakukan eksportir hanya singgah di bank domestik.

Meski jika bicara dari sisi kepatuhan sebenarnya eksportir sudah cukup patuh melaporkan transaksi ekspor untuk mengamankan nilai tukar rupiah. Hal itu dapat dilihat dari data devisa hasil ekspor (DHE) yang terus meningkat. Namun jika bicara sampai berapa lama valas itu berada di dalam negeri, pada umumnya masih rendah bahkan ada yang cuma beberapa menit saja, eksportir langsung menarik dana tersebut kembali. Padahal pemerintah menginginkan eksportir menempatkan dana di sini bukan hanya sekedar melaporkan.

Meski begitu, sikap yang diambil eksportir itu tidak bisa ditindak karena secara aturan seorang pribadi diperbolehkan memegang valas. Hal itu tercantum dalam undang-undang pemegang valas.

Bank Indonesia sendiri sudah mengeluarkan kebijakan akan memberikan insentif pengurangan pajak bagi eksportir yang bersedia menempatkan dananya lebih lama. Dengan begitu diharapkan eksportir tidak hanya sekedar mematuhi peraturan dalam hal pelaporan saja tetapi benar-benar menempatkan dananya di dalam negeri.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) Sumut terakhir diketahui jumlah DHE mencapai USD31,12 miliar. Dari total tersebut sebesar 86% atau USD26,7 miliar berasal Pelabuhan Belawan sisanya dari semua pelabuhan lainnya di daerah ini. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in