Home | Jurnal Medan | TPID Khawatirkan Sasaran Inflasi Meninggi

TPID Khawatirkan Sasaran Inflasi Meninggi

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) mulai mengkhawatirkan sasaran angka inflasi di Sumatera Utara tidak akan tercapai bila tidak segera dilakukan langkah antisipasi. Sebab saat ini nilainya sudah mencapai level waspada.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kantor Wilayah Sumut, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, bila Sumut tidak mewaspadai gejala ini dengan tidak melakukan langkah-langlah antisipasi, dikhawatirkan sasaran angka inflasi Sumut sebesar 4±1 persen tidak akan tercapai. Berdasarkan pengamatan BI, ada perubahan pola pergerakan inflasi yang tidak terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Dikatakannya, mengingat tingginya angka inflasi Sumut pada triwulan pertama tahun 2016 ini, maka perlu  diantisipasi terjadinya inflasi akibat kenaikan harga kebutuhan menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Menurutnya perlu melakukan kunjungan ke sentra produksi pertanian, peternakan, gudang-gudang distributor dan pasar-pasar untuk menjamin ketersediaan barang dan jasa kebutuhan masyarakat.

Difi menambahkan tekanan inflasi volatile foods pada Bulan Maret 2016 yang lalu mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan untuk komoditi cabai merah dan bawang merah. Hal ini tidak sejalan dengan keadaan Sumatera Utara yang merupakan sentra komoditi cabai merah seperti kabupaten Batubara, Karo, Simalungun dan lain-lain. Padahal Sumut tercatat sebagai produsen cabai merah nasional terbesar ke dua dengan kontribusi memenuhi 18 persen kebutuhan cabai nasional.

Adapun penyebab tingginya harga komoditi cabai merah di Sumut pada bulan Maret 2016 adalah menurunnya pasokan cabai di pasar-pasar di Sumut sehingga mengakibatkan terjadinya kenaikan harga, sementara itu cabai merah dari sentra produksi kabupaten Batubara dipasarkan di luar Provinsi Sumut, seperti Pekanbaru, Batam, Padang dan  lain-lain.

Dengan demikian Bonus deflasi tidak terjadi, sehingga dikhawatirkan secara akumulasi angka inflasi Sumut pada akhir 2016 nanti tinggi dan sasaran tidak tercapai. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in