Home | Jurnal Medan | Inflasi di Sumut Level Kuning

Inflasi di Sumut Level Kuning

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mulai mengkhawatirkan kondisi inflasi di Sumatera Utara karena sudah masuk kategori level kuning. Masing-masing kabupaten/kota diminta untuk segera melakukan langkah-langkah antisipasi dalam mengendalikan harga di wilayah masing-masing.

Menerapkan langkah-langkah antsipasi diantaranya menjamin ketersediaan barang dan jasa kebutuhan masyarakat, memastikan pasokan melalui monitoring ke sentra produksi dan intervensi pasar.  

Pimpinan Bank Indonesia Sumatera Utara Medan Difi Ahmad Johansyah mengatakan, saat ini kondisi inflasi di Sumatera sudah kategori lampu kuning. Peningkatan tekanan inflasi terjadi di seluruh kota sampel perhitungan indeks harga konsumen (IHK) di Sumut yaitu Kota Medan inflasi sebesar 0,88%, Pematangsiantar 0,66%, Padang Sidempuan inflasi sebesar 0,54% dan Kota Sibolga 0,75%.

Jika dilihat inflasi secara triwulan, Inflasi Sumut pada triwulan I tercatat sebesar 2,00 %, sementara inflasi nasional 0,62 % sehingga inflasi Sumut pada triwulan I diaatas inflasi nasional 1,38%.

Faktor penyebab tinginya inflasi pada bulan Maret 2016 ini adalah naiknya harga komoditas seperti harga cabe merah naik 39,11%, harga bawang merah naik 29,18%, harga mobil naik sebesar 5,44%, harga rokok putih naik 9,47% dan lain-lain.

Mengingat tingginya angka inflasi Sumut pada triwulan pertama tahun 2016 ini, maka perlu  diantisipasi terjadinya inflasi akibat kenaikan harga kebutuhan menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu perlu menjamin ketersediaan informasi harga pangan bagi semua pelaku ekonomi, baik produsen (petani), pedagang dan konsumen dan melaporkan perkembangan harga di daerah. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in