Home | Jurnal Medan | 40 Hektare Tanaman Sawit Layak Replanting

40 Hektare Tanaman Sawit Layak Replanting

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Sekitar 40.000 hektare tanaman karet di Sumatera Utara (Sumut) sudah harus diremajakan (replanting). Sebab, tanaman tersebut sudah berumur tua dan produktivitasnya sangat rendah.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Sumut Herawati mengatakan, jumlah yang harus direplanting sekitar 40.000 hektare memang cukup tinggi. Jumlah tersebut sekitar 10,14% dari total luas 394.113,57 hektare. Karena Sumut sudah selama dua tahun tidak ada melakukan replanting tanaman karet.

Sebelum dilakukan replanting, masih membutuhkan waktu karena tanamannya harus diintensifikasi dulu sehingga meningkatkan hasil panen getah karet. Karena dengan intensifikasi, jumlah panen getah akan lebih tinggi, waktu panen getah lebih awal dan masa panen puncak lebih lama. Serta usia produksi karet lebih lama.

Sedangkan tanaman yang harus replanting rata-rata berada di sentra karet yakni Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu Utara, Mandailing Natal (Madina), Serdang Bedagai, Deliserdang dan sejumlah daerah lain di Sumut.

Seperti diketahui, pemerintah akan melakukan replanting sejumlah perkebunan yang menjadi komoditas strategis termasuk karet. Program peremajaan ini rencananya akan menggunakan anggaran dari perbankan melalui kredit usaha rakyat (KUR) yang mencapai Rp 30 triliun.

Sebab dikatakan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, bahwa saat ini banyak tanaman komoditas termasuk karet memiliki umur cukup tua. Hal ini menyebabkan produksi dari tanaman tersebut kurang optimal.

Program replanting akan dilakukan paling cepat selama tujuh tahun. Untuk tahun 2016, pemerintah akan memberikan dana Rp 30 triliun. Namun untuk tujuh tahun ke depan, pemerintah akan memberikan dana maksimal Rp 104 triliun yang diberikan bertahap setiap tahunnya. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in