Home | Jurnal Medan | 2016, Perekonomian Masih Dihadapi Tantangan

2016, Perekonomian Masih Dihadapi Tantangan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengakui akan banyak tantangan yang dihadapi baik dari sisi eksternal maupun internal di tahun ini.

Sebagai langkah antisipatif pemerintah pusat telah mengambil langkah-langkah menetapkan paket kebijakan ekonomi hingga sebelas paket yang dikeluarkan sampai dengan Maret 2016. Paket kebijakan tersebut akan di tindak lanjuti seperti deregulasi perijinan di daerah untuk mendorong investasi, menggerakkan ekonomi di wilayah pinggiran, melindungi masyarakat berpenghasilan rendah dan lainnya.

Pemerintah provinsi masih menaruh ke optimisan pertumbuhan ekonomi di tahun ini akan lebih baik. Hal itu dilihat dai indikator 2015, kondisi ekonomi makro perkembangan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan 2010 pertumbuhan ekonomi tumbuh 5,10 persen. Angka pertumbuhan tersebut mampu melampaui rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional 4,79 persen.

Pertumbuhan ini didukung peningkatan pada beberapa lapangan usaha seperti jasa keuangan dan asuransi yang mencapai pertumbuhan tertinggi yaitu 7,17 persen. Sedangkan laju Inflasi 2015 di Sumatera Utara relatif rendah, yakni berada dibawah nilai inflasi rata-rata nasional.

Arah kebijakan pembangunan 2015 sebagai tahun kedua merupakan lanjutan dari tahun pertama pelaksanaan RPJMP Provsu Tahun 2013-2018. Penanganan permasalahan pembangunan yang mendesak seperti infrastruktur, kesehatan, prasarana layanan umum lainnya terus dilaksanakan secara konsisten untuk memastikan adanya penyelesaian yang komprehensif terhadap permasalahan yang belum terselesaikan pada tahap pertama.

Selain itu Plt. Gubsu melaporkan bahwa pada Tahun 2915 ada 9 (Sembilan) prioritas pembangunan Provsu antara lain peningkatan kehidupan beragama, penegakan hukum, penguatan tata kelola pemerintahan yang baik, pelayanan publik dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Kemudian peningkatan asessibilitas, kualitas pendidikan dan pelayanan keesehatan, peningkatan infrastruktur, pengembangan wilayah, mitigasi bencana dan pelestarian lingkungan hidup, mendukung daya saing ekonomi, peningkatan produktifitas dan saing pertanian, kelautan dan perikanan, penguasaan ilmu pengetahuan, penerapan teknologi, inovasi dan kreatifitas daerah, peningkatan ekonomi kerakyatan, perluasan kesempatankerja dan peningkatan kesejahteraan rakyat miskin, mendukung dan mendorong kebijakan nasional di daerah. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in