Home | Jurnal Medan | BBM Turun, PT KA Turunkan Tarif Tiket

BBM Turun, PT KA Turunkan Tarif Tiket

By
Font size: Decrease font Enlarge font

PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara menurunkan tarif Kereta Api. Tarif ini akan diberlakukan per 1 Juli 2016 mendatang sesuai Peraturan Menteri Perhubungan RI karena penurunan harga BBM.

Humas PT KAI Divre I Sumut, Rapino Situmorang mengatakan, penurunan tarif ini dilakukan pemerintah sebagai respon dari turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Selain itu, pihaknya mengikuti Peraturan Menteri Perhubungan RI No. 23 tahun 2016 tentang tarif angkutan orang dengan kereta api kelas ekonomi dan Peraturan Menteri Perhubungan No. 35 Tahun 2016 tentang tarif angkutan orang dengan kereta api kelas ekonomi untuk melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO).

Penurunan harga tiket kelas ekonomi kereta Putri Deli dan Siantar Ekspres yang akan diberlakukan pada 1 Juli 2016 nanti merupakan yang kedua kalinya dilakukan, setelah sebelumnya diturunkan pada 1 April 2016.

Adapun penurunan tarif yang berlaku untuk KA Putri Deli relasi Medan – Tanjung Balai (PP) dari Rp28.000 menjadi Rp27.000. Kemudian, KA Siantar Ekspres (Sireks) relasi Medan– Siantar (PP) dari Rp23 ribu menjadi Rp22 ribu.

Rapino menambahkan, selama ini rata-rata tingkat okupansi penumpang untuk KA Putri Deli setiap harinya mengangkut 3.500 penumpang dengan 6 kali perjalanan, 3 kali dari Medan dan 3 kali dari tanjung balai setiap harinya. Sementara untuk kereta siantar ekspres sekitar 600 penumpang perhari dari 2 kali perjalanan, 1 kali dari Siantar dan 1 kali dari Medan.

Sementara dengan turunnya tarif angkutan ini pihaknya berharap akan semakin banyak masyarakat yang mengunakan akomodasi transportasi jenis ini. Dan pihaknyapun menargetkan akan mampu menjadi pemicu peningkatan penumpang sekitar 20 hingga 25 persen. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in