Home | Jurnal Medan | Pengusaha Butuh Kepastian Investasi

Pengusaha Butuh Kepastian Investasi

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kalangan pengusaha berharap ketegasan pemerintah memberikan kepastian dalam berinvestasi. Mulai dari pemangkasan birokrasi yang menghambat juga kebijakan di dalam peraturan daerah.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumut, Ivan Iskandar Batubara mengungkapkan, bahwa para pengusaha bukan mencari kemudahan kepada pemerintah agar bisa berinvestasi di Indonesia khususnya Sumut, namun yang diinginkan pengusaha adalah kejelasan dan kepastian. Baik terkait biaya, mutu dan waktu serta konsistensi dari peraturan yang ada.

Diakuinya, selama ini, setiap ganti kepala daerah atau rezim pemerintahan maka berubah lagi aturan itu, sehingga tidak ada kepastian dan pengusaha menjadi korban. Akibatnya dari ketidakpastian tersebut ada pihak-pihak yang diuntungkan.
 
Pengusaha juga berharap, agar peraturan daerah yang menghambat pergerakan pengusaha untuk dicabut. Sebab menurut Ivan, jika investasi terhambat juga berimplikasi pada ketersediaan lapangan kerja.

Pihaknya sudah membuat list terkait perda yang menghambat laju pengusaha. Sekitar 600 perda di Sumut, terutama perda soal retribusi dan pemungutan biaya genset. Jika 600 perda tersebut dicabut, maka Ivan yakin ada kenyamanan dan kepastian berusaha.
 
Meski peran pemerintah masih sangat minim, jalanan macet dan listrik kurang, tetapi dari data pusat, pertumbuhan ekonomi di Sumut mencapai 5,7. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in