Home | Jurnal Medan | Teroris Pajak Bagi Penunggak

Teroris Pajak Bagi Penunggak

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Direktorat Jenderal Pajak sebut teroris pajak bagi para penunggak. Dan menyatakan perang untuk yang tidak taat kewajiban.

Pernyataan tersebut di lontarkan oleh Direktur Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Ken Dwijugiasteadi saat berada di Medan pasca insiden tewasnya dua petugas pajak yang ditikam oleh pelaku penunggak di Nias.

Ken mengaku prihatin sampai hilangnya nyawa dua petugas pajak. Sebab kejadian tersebut seharusnya tidak sampai terjadi bila turut didampingi oleh Polri dan TNI. Sesuai dengan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan ke dua lembaga militer tersebut maka segala kegiatan Dirjen Pajak harus di backup.

memang diakui Ken bahwa ada kelalaian Standar Operation Prosedur (SOP) yang dilakukan dua petugas pajak tersebut. Sebab hanya karena salah seorang petugas yang merupakan warga Nias merasa tidak khawatir terjadi hal yang membahayakan saat melakukan penyitaan karena merupakan daerahnya sendiri, sehingga tidak ada membawa petugas Polri ata TNI.

Untuk itu kepada seluruh aktifitas petugas pajak saat akan menyerahkan surat peringatan harus di backup TNI dan Polri karena kegiatan anarkis yang dilakukan penunggak pajak sudah menjadi ancaman nyata.

Saat ditanya apakah pelayangan surat peringatan akan dilakukan penyitaan dilakukan secara dadakan tanpa pemberitahuan dahulu, Ken membantah hal tersebut. Sebab sudah dijalankan tahapan peringatan, karen tersangka juga menyatakan menolak membayar.

Ken juga menuturkan, bahwa petugas pajak selaku juru sita memiliki kewenangan dalam menagih, menyita, menyandra dan memenjarakan pelaku penunggak pajak. Kepada Kantor Wilayah pun diminta untuk tidak gentar dalam menagih pajak yang tertunggak bahkan hingga harus ke tahap gijzeling (penyanderaan). RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in