Home | Jurnal Medan | BI Optimis Penyaluran Kredit Tumbuh

BI Optimis Penyaluran Kredit Tumbuh

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara (Sumut) optimis penyaluran kredit tahun ini pada triwulan I akan lebih baik dibandingkan periode sama tahun lalu. Salah satu pendorongnya, rendahnya suku bunga kredit terutama pada program kredit usaha rakyat (KUR).

Pimpinan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Sumut, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, masih rendahnya nilai penyaluran kredit pada awal tahun merupakan hal yang wajar karena biasanya saat ini pengusaha lebih wait and see. Begitu juga dengan masyarakat masih terkena dampak akhir tahun.

Berdasarkan data BI Sumut penyaluran kredit pada Februari 2016 tercatat sebesar Rp173,84 triliun atau naik 5,38 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp164,96 triliun. Sementara pada tahun ini BI memperkirakan penyaluran kredit bisa tumbuh berkisar 14 persen.

Dengan kucuran kredit sebesar itu, tingkat loan to deposite ratio (LDR) meningkat 1,27 persen menjadi 93,43 persen pada Februari 2016 sedangkan periode sama tahun lalu sebesar 92,26 persen. Begitu juga dengan non performing loan (NPL) atau kredit macet turun 0,80 persen menjadi 2,48 persen dari periode sama pada tahun lalu sebesar 2,50 persen. Angka ini masih jauh dari ketentuan BI sebesar 5 persen.

Setelah triwulan I, BI optimis penyaluran kredit akan lebih baik dibandingkan periode sama tahun lalu karena perekonomian tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Selain itu dampak kebijakan pemerintah dalam hal perbaikan infrastruktur diyakini akan menumbuhkan rasa optimis pengusaha.

Dari sisi perbankan, penurunan BI Rate juga mendorong pihak bank untuk menurunkan suku bunga kredit pinjaman termasuk juga suku bunga program kredit usaha rakyat (KUR) menjadi 9 persen. Kebijakan-kebijakan tersebut membuat bank semakin mudah menyalurkan kredit. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in