Home | Jurnal Medan | Bangun Listrik 35 MW, PLN "Dipagar" Kejati

Bangun Listrik 35 MW, PLN "Dipagar" Kejati

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Konflik dengan masyarakat yang selalu jadi hambatan dalam proses pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur, mendorong PT Perusahaan Listik (PLN) menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi agar menjadi pengawal dan pengamanan dari sisi hukum.

Direktur Bisnis PT PLN Regional Sumatera, Amir Rosidin mengatakan, dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ada resiko-resiko yang mungkin timbul, salah satunya terkait pembebasan lahan. Agar target pembangunan sejumlah proyek kelistrikan sebesar 35 megawatt yang dimulai tahun ini berjalan lancar, perlu adanya dukungan dari pihak lain, guna memitigasi tingkat kerentanan.

Sebab pada tahun ini, untuk memperkuat sistem kelisttikan di Pulau Sumatera, PT PLN membangun sejumlah proyek kelistrikan, khususnya pembangunan transmisi yang panjangnya mencapai 23.217 kilometer sirkit (kms) atau setengah dari target pembangunan transmisi nasional yang dicanangkan.

Adapun pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang akan dilaksanakan mulai hingga 2024 di Regional Sumatera meliputi pembangkit di 44 lokasi yang kapasitasnya mencapai 6.498,5 megawatt (MW), transmisi di 251 lokasi yang panjangnya 23.217 kms, gardu induk di 213 lokasi dengan kapasitas GI 48.806 MWA, kemudian distribusi yang terdiri dari jaringan tegangan menengah (JTM) 42.617,57 kms, jaringan tegangan rendah (JTR) 52.900,92 kms, trafo 6.075,50 MVA dan pelanggan 5.616.654.

Harapannya dengan adanya kerja bersama dalam menyelesaikan infrastruktur kelistrikan ini bertujuan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Indonesia khususnya di Sumatera melalui pemenuhan kebutuhan energi listrik. Sebab dalam 5 tahun kedepan kebutuha listrik harus tumbuh rata-rata 8,8 persen per tahun dan sesuai dengan target rasio elektrifikasi dalam rencana usaha penyediaan listrik (RUTPL) 2015-2024 sebesar 97,4 persen pada akhir 2019. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in