Home | Jurnal Medan | Kunjungan Wisman Inggris ke Sumut Turun

Kunjungan Wisman Inggris ke Sumut Turun

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatera Utara melesu. Trendnya menurun bila dibandingkan tahun lalu dengan periode yang sama.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) hingga Februari 2016 angka kunjungan wisman hanya 30.840 kunjungan, turun 26,44 persen dari tahun lalu yang mencapai 41.923 kunjungan.

Anggota komisi X DPR RI, Sofyan Tan mengatakan, melihat penurunan jumlah wisman yang datang ke Sumut, sudah seharusnya Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah Kota (Pemko) aktif mempromosikan daerah-daerah yang dapat menjadi daya tarik para wisatawan baik domestik ataupun mancanegara.

Menurut Sofyan Tan, ada beberapa daerah yang memiliki kekhasan sebagai daya tarik. Misalnya, Bukit Lawang dengan daerah hutan tropisnya yang memiliki ciri khas orang utan. Ini menjadi salah satu yang menarik tetapi belum dipromosikan secara baik.

Tetapi, bukan hanya pemerintahan di Sumut saja, hampir semua daerah tidak memprioritaskan daerah pariwisata menjadi salah satu penarik dalam penambah devisa. Hal ini dapat dilihat dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang sangat kecil dan itu hanya berharap dari pusat.

Tercatat berdasarkan data BPS, negara yang paling besar mengalami penurunan tingkat kunjungannya berasal dari Inggris hingga mencapai 39,72 persen, atau hanya 381 orang dari periode sebelumnya 632 orang. Kemudian negara lainnya

Sedangkan dari sepuluh negara pasar utama wisatawan mancanegara pada Januari-Februari 2016, Malaysia masih mendominasi jumlah wisatawan mancanegara yang datang di Sumatera Utara yaitu sebesar 52,82 persen, diikuti oleh Singapura 6,21 persen, Tiongkok 2,58 persen, Australia, Thailand, Taiwan, Jerman, Inggris, Belanda dan Amerika
Serikat. Jumlah wisman dari sepuluh negara tersebut adalah 70,92 persen dari total kedatangan wisman ke Sumatera Utara. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in