Home | Jurnal Medan | Dirjen Pajak Fokuskan ke WP Orang Pribadi

Dirjen Pajak Fokuskan ke WP Orang Pribadi

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Direktorat Jenderal Pajak pada tahun ini akan memfokuskan diri mengejar Wajib Pajak Orang Pribadi (WP-OP) agar dapat mencapai target menyerap pajak.

Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Sumut I, Vivi Rosvika mengungkapkan, tahun ini target pendapatan dari sektor pajak mencapai angka Rp1,360 triliun. Sementara untuk Kanwil DJP Sumut I ditarget menyerap pajak sekitar Rp19,9 triliun, baik dari pajak perorangan maupun pajak korporasi.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknyapun akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengejar target tersebut. Selain memperketat pengawasan terhadap wajib pajak, beberapa usaha lain telah dilakukan pihaknya mulai dari proses sosialisasi hingga memberi kemudahan kepada masyarakat dalam membayar pajak dan melaporkan SPT tahunan.

Vivi menerangkan, alasan tahun ini akan berfokus mengejar Wajib Pajak Orang Pribadi (WP-OP), karena cara ini dinilai lebih efektif dibandingkan hanya bergantung pada Wajib Pajak Badan atau Perusahaan. Hingga saat ini penerimaan dari wajib pajak pribadi terbilang sangat minim, walaupun penerimaannya melebihi target.

Tahun-tahun sebelumnya, penerimaan pajak sangat bergantung kepada wajib pajak badan usaha. Ketergantungan ini memiliki implikasi besar. Ketika ekonomi bagus, penerimaan pajak penghasilan badan naik. Sebaliknya, bila ekonomi terpuruk maka penerimaan pajak penghasilan badan juga menurun. Hal inilah yang mendorong pemerintah beserta jajaran Direktorat Jenderal Pajak akan fokus pada wajib pajak orang pribadi.

Di sisi lain, dalam situasi perlambatan ekonomi, penerimaan pajak dari perusahaan akan turun dan seiring dengan itu perusahaan pun bisa bangkrut. Namun orang yang memiliki perusahaan tidak serta-merta bangkrut. Pihaknyapun akan berusaha untuk mencapai target yang ditetapkan pemerintah. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in