Home | Jurnal Medan | Peritel di Medan Tak Lagi Gratiskan Kantong Plastik

Peritel di Medan Tak Lagi Gratiskan Kantong Plastik

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Perusahaan ritel (Peritel) di Kota Medan sebagai salah satu kota yang masuk dalam penerapan kebijakan kantong plastik berbayar, sudah mulai menerapkan instruksi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2016 tentang harga dan mekanisme penerapan kantong plastik berbayar.

Branch Coorporate Communication Alfamart Medan, Eris Estrada Sembiring mengatakan, saat ini baru di Kota Medan uji coba penerapan kantong plastik berbayar di laksanakan yang dimulai sejak kemarin. Sejauh ini respon masyarakat diakuinya masih biasa saja, namun akan dilakukan evaluasi kedepannya.

Dengan penerapan tersebut, nantinya setiap pelanggan akan ditawarkan terlebih dahulu untuk menggunakan kantung plastik sendiri atau kantung plastik berbayar, jika memang pelanggan berkenan maka akan dikenakan biaya Rp200 perkantungnya.

Setiap harinya, Alfamart dan Alfamidi yang berjumlah ratusan di Lota Medan rata-rata membutuhkan sekitar 10 ribu kantong plastik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Selama masa uji coba, Pemerintah, BPKN, YLKI, dan Aprindo sepakat bahwa pengusaha ritel modern tidak lagi menyediakan kantong plastik secara cuma-cuma untuk konsumen. Kebijakan pemerintah ini bertujuan untuk mewujudkan Indonesia bebas sampah 2020.

Pemerintah sendiri selama penerapan kebijakan tersebut bakal melihat respons masyarakat, khususnya para konsumen. Juga akan mengukur tingkat keberatan masyarakat dengan kebijakan plastik berbayar. Sementata kebijakan itu sendiri dilakukam untuk mengurangi sampah yang terus meningkat tiap harinya. Terlebih sampah plastik, merupakan jenis sampah yang butuh waktu lama diurai. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in