Home | Jurnal Medan | PGN Berencana Bangun SPBG di Sumut

PGN Berencana Bangun SPBG di Sumut

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Rencana PT PGN untuk membangun 60 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di beberapa provinsi di Indonesia, termasuk di Sumatera Utara merupakan peluang bisnis yang positif. Namun untuk penyediaan SPBG di Sumut tentunya masih perlu dikaji lagi.

Area Manager PGN Medan Sabaruddin menyebutkan, untuk membangun SPBG tentunya harus melihat dinamikanya seperti apa, baik kebutuhan maupun dukungan dari pemerintah daerah serta pihak lainnya. Sebab untuk membangun satu SPBG, idealnya minimal harus ada 1.000 kendaraan yang harus dilayani. Selain itu, supaya bisa beroperasi menggunakan gas, kendaraan harus memiliki konverter kid yang biayanya juga tidak murah. Sehingga, ini dibutuhkan dukungan dari Pemda atau pihak terkait agar proses konversi penggunaan BBM ke gas itu bisa berjalan mulus.

Dukungan dari Pemda ini, bisa mewajibkan setiap kendaraan dinas dan lainnya untuk menggunakan bahan bakar gas, termasuk misalnya untuk angkutan massal seperti di Jakarta ada bus Transjakarta yang disiapkan untuk menggunakan bahan bakar gas, dan di Sumut ada bus Mebidang.

Dia menyebutkan, di kota-kota lain seperti di Jakarta, Batam, Palembang, Bogor, Jawa Timur dan lainnya sudah ada SPBG. Di sana pemerintah daerahnya mendukung dan melakukan konversi untuk seluruh kendaraan dinasnya.

Menurutnya, untuk menyiapkan SPBG di Sumut itu, mungkin saja terjadi, karena PGN sudah memiliki jaringan, dan lokasi titik-titik SPBG yang bisa dibangun juga banyak, terutama untuk posisi terbaik bagi kendaraan melintasnya. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in