Home | Jurnal Medan | 3 Jenis Penyakit Mengancam Saat Musim Penghujan

3 Jenis Penyakit Mengancam Saat Musim Penghujan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Terjadinya hujan belakangan ini, telah mengakibatkan banjir disejumlah daerah di Sumatera Utara (Sumut). Meskipun saat ini banjir tersebut sudah surut, namun sejumlah penyakit perlu untuk dihindari oleh masyarakat sebagai dampaknya.

Konsultan penyakit tropic dan infeksi DR Umar Zein mengungkapkan bahwasanya ada tiga jenis penyakit yang dapat diakibatkan oleh pasca banjir . Penyakit tersebut yakni katanya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD), diare serta penyakit lepto spirosis.

Umar Zein menjelaskan, pada DBD akibat oleh banjir yang terjadi, maka sejumlah genangan air dapat terbentuk. Sehingga dengannya, kondisi itu akan sangat memudahkan nyamuk untuk berkembang biak.

Sementara untuk penyakit diare, banjir dapat membuat lingkungan menjadi kotor. Oleh karenanya penyakit ini sangat rawan sekali menjangkit masyarakat yang daerahnya telah mengalami banjir.

Selain itu, ada satu jenis penyaki lagi yang harus diantisipasi oleh masyarakat terkait banjir ini, yakni penyakit lepto spirosis . Penyakit ini terjadi dikarenakan akibat dari kontaminasi kencing tikus. Air yang tergenang karena banjir, juga merembet masuk kesarang tikus. Sehingga akan terkena kencing yang berasal dari hewat pengerat tersebut. Penyakit itu merupakan infeksi, yang disebabkan oleh kuman dengan gejalannya demam, nyeri otot. Penyakit ini umumnya menular akibat luka kecil pada kulit yang mengalami kontak langsung dengan air banjir.

Memang diakui oleh Umar Zein, ketiga jenis penyakit ini belum tentu terjadi karena banjir itu. Namun sebutnya, kemungkinan potensinya akan meningkat. Ketiga penyakit ini potensi kemunculannya akan sama besar. Untuk itu Dinas Kesehatan sambung dia kiranya dapat melakukan penyuluhan, berupa melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara membersihkan genangan air, menjaga kebersihan diri, dan juga menghindari kontak fisik dengan air yang tergenang karena banjir. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in